KONTRIBUSI PENGUASAAN FAKTA DAN OPINI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI OLEH SISWA KELAS XI SMA DWIWARNA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2008/2009

Maisarah, (2009) KONTRIBUSI PENGUASAAN FAKTA DAN OPINI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI OLEH SISWA KELAS XI SMA DWIWARNA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2008/2009. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
Kulit.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK1.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kontribusi penguasaan fakta dan opini terhadap kemampuan menulis argumentasi Penelitian ini dilaksanakan di SMA Dwiwarna Medan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Dwiwarna Medan tahun pembelajaran 2008/2009 sebanyak 59 orang. Jumlah populasi ini dipandang relatif sedikit, maka seluruhnya diteliti (penelitian populasi). Data penelitian dianalisis dengan dua cara, yaitu analisis verbal (deskriptif) dan analisis statistik. Berdasarkan perolehan data diketahui nilai rata-rata penguasaan fakta 66,44, penguasaan opini 67,37 dan kemampuan menulis argumentasi 69,92. Ketiga nilai terebut dikategoirikan C (cukup). Berdasarkan uji statistik korelatif ditemukan adanya korelasi positif antara penguasaan fakta dengan kemampuan menulis argumentasi siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,589 (korelasi cukup/sedang), artinya penguasaan fakta berpengaruh nyata terhadap kemampuan menulis argumentasi, sementara penguasaan opini juga berhubungan positif yang signifikan (nyata) dengan kemampuan menulis argumentasi, korelasinya sebesar 0,519 (korelasi cukup/sedang). Kemudian, penguasaan fakta memberikan sumbangan sebesar 44,70% terhadap kemampuan menulis argumentasi siswa, sedangkan sumbangan penguasaan opini sebesar 28,70% terhadap kemampuan menulis argumentasi. Dapat disimpulkan bahwa, semakin baik penguasaan fakta dan opini siswa maka semakin tinggi pula tingkat kemampuan siswa menulis argumentasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Call Number: SK-2009 IND
Keywords: Penguasaan Fakta,Penguasaan Opini,Menulis Argumentasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 07 Feb 2017 03:47
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22886

Actions (login required)

View Item View Item