EFEKTIVITAS STRATEGI FORMASI REGU TEMBAK TERHADAP KEMAMPUAN APRESIASI NASKAH DRAMA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SEI BAMBAN TAHUN PEMBELAJARAN 2009/2010

Siagian, Beslina Afriani (2009) EFEKTIVITAS STRATEGI FORMASI REGU TEMBAK TERHADAP KEMAMPUAN APRESIASI NASKAH DRAMA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SEI BAMBAN TAHUN PEMBELAJARAN 2009/2010. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DATAR TABEL.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB I.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB V.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan strategi formasi regu tembak terhadap kemampuan siswa dalam mengapresiasi naskah drama pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sei Bamban tahun pembelajaran 2009/ 2010. Sampel penelitian ini berjumlah 48 orang dari 230 populasi yang ada. Sampel tersebut akan dibagi menjadi dua kelas, yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen dikenai perlakuan strategi formasi regu tembak, sedangkan kelas kontrol dikenai perlakuan strategi pembelajaran inkuiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian control group pretest postest. Instrumen yang digunakan adalah tes mengapresiasi drama dari segi unsur intrinsik dalam bentuk essay. Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 80,20 sedangkan untuk kelas kontrol adalah 70,83. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa nilai tes kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji t diperoleh thitung = 4,298 pada taraf signifikan α = 5% dari daftar distribusi t dk (n-1) = 24-1 = 23, maka diperoleh ttabel = 2,014 dan pada taraf signifikansi α = 1% dari daftar distribusi t dk (n-1) = 24-1 = 23, ttabel = 2,692 . Jadi, thitung > ttabel = 2,014 < 4,298 > 2,692. Dengan demikian, Ho ditolak dan Ha diterima, artinya penggunaan strategi formasi regu tembak efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan mengapresiasi naskah drama. Berdasarkan data di atas, dapat disimpulkan bahwa Strategi formasi regu tembak efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan apresiasi naskah drama pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sei Bamban Tahun Pembelajaran 2009/ 2010

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMursini, 196211281988032002
Call Number: SK-2009 IND
Keywords: Pembelajaran Formasi Regu Tembak,Naskah Drama,Tokoh dan Penokohan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1600 Drama
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Feb 2017 08:08
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22872

Actions (login required)

View Item View Item