EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN CRITICAL INCIDENT DALAM MENULIS KARANGAN BERDASARKAN HASIL PENGAMATAN OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BAHOROK TAHUN PEMBELAJARAN 2008/2009.

Saragih, Arma Ulinawati (2009) EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN CRITICAL INCIDENT DALAM MENULIS KARANGAN BERDASARKAN HASIL PENGAMATAN OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BAHOROK TAHUN PEMBELAJARAN 2008/2009. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1.ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.Persetujuan Skripsi untuk Sidang.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi pembelajaran Critical Incident efektif digunakan dalam menulis karangan berdasarkan hasil pengamatan pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bahorok tahun pembelajaran 2008/2009. Populasi adalah siswa kelas VII yang berjumlah 214 orang. Dari populasi, ditetapkan sampel secara acak sebanyak 55 orang dan dibagi menjadi dua kelompok. Pertama, kelompok strategi pembelajaran Critical Incident, kedua, kelompok strategi pembelajaran inkuiri. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan instrumen tes kemampuan menulis karangan berdasarkan hasil pengamatan yang diujikan setelah masing-masing kelompok mengikuti strategi pembelajaran Critical Incident dan inkuiri. Karena penelitian ini bersifat komparatif, maka harga skor variabel X dan variabel Y diperbandingkan satu sama lain. Analisis pebandingan yang digunakan adalah statistik “t”. Dari hasil perbandingan kemampuan menulis karangan berdasarkan hasil pengamatan melalui strategi pembelajaran Critical Incident dengan strategi pembelajaran inkuiri, diperoleh thitung > ttabel (6,18 > 2,01), jadi strategi pembelajaran critical incident lebih baik digunakan dalam pembelajaran menulis karangan berdasarkan hasil pengamatan dibandingkan dengan strategi pembelajaran inkuiri. Skor antara variabel X dan variabel Y juga berbeda (lebih besar variabel X). Ini berarti kemampuan menulis karangan berdasarkan hasil pengamatan melalui strategi pembelajaran critical incident lebih baik dibandingkan dengan strategi pembelajaran inkuiri. Dengan demikian, strategi pembelajaran critical incident lebih baik digunakan dalam pembelajaran menulis karangan berdasarkan hasil pengamatan dibandingan dengan strategi pembelajaran inkuiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Call Number: SK-2009 IND
Keywords: Strategi Pembelajaran,Wisata Alam,Karangan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P306 Translating and interpreting
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 02 Feb 2017 08:37
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22868

Actions (login required)

View Item View Item