PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS EDMODO TERHADAP MINAT, AKTIVITAS, DAN HASIL BELAJAR MENGAPRESIASI CERPEN PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TAKENGON ACEH TENGAH

Erffani, Mistari (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS EDMODO TERHADAP MINAT, AKTIVITAS, DAN HASIL BELAJAR MENGAPRESIASI CERPEN PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TAKENGON ACEH TENGAH. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. NIM 8146192017 COVER.pdf]
Preview
Text
01. NIM 8146192017 COVER.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of 02. NIM 8146192017 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
02. NIM 8146192017 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of 03. NIM 8146192017 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
03. NIM 8146192017 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 04. NIM 8146192017 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
04. NIM 8146192017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 05. NIM 8146192017 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
05. NIM 8146192017 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 06. NIM 8146192017 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
06. NIM 8146192017 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 07. NIM 8146192017 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
07. NIM 8146192017 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 08. NIM 8146192017 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
08. NIM 8146192017 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 09. NIM 8146192017 BAB I.pdf]
Preview
Text
09. NIM 8146192017 BAB I.pdf - Published Version

Download (408kB) | Preview
[thumbnail of 013. NIM 8146192017 BAB V.pdf]
Preview
Text
013. NIM 8146192017 BAB V.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of 014. NIM 8146192017 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
014. NIM 8146192017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) minat belajar apresiasi cerpen siswa kelas pembelajaran berbasis edmodo lebih tinggi dibanding kelas pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Takengon Aceh Tengah; (2) aktivitas belajar apresiasi cerpen siswa kelas pembelajaran berbasis edmodo lebih tinggi dibanding kelas pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Takengon Aceh Tengah; dan (3) hasil belajar apresiasi cerpen siswa kelas pembelajaran berbasis edmodo lebih tinggi dibanding kelas pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Takengon Aceh Tengah. Subjek dalam penelitian ini diambil sebanyak 2 kelas yang ditentukan secara acak teknik random sampling. Metode penelitian menggunakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment).Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) terda pat minat belajar apresiasi cerpen kelas model pembelajaran edmodo lebih tinggi dari minat belajar apresiasi cerpen kelas model pembelajaran kovensional; (2) aktivitas belajar apresiasi cerpen siswa kelas model pembelajaran edmodo lebih rendah dari aktivitas belajar apresiasi cerpen siswa kelas model pembelajaran konvensional; dan (3) hasil belajar apresiasi cerpen siswa kelas model pembelajaran edmodo lebih tinggi dari hasil belajar apresiasi cerpen siswa kelas model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian yang diperoleh diharapkan memberikan informasi bagi guru dan sekolah untuk menggunakan pembelajaran e-learning berbasis edmodo untuk meningkatkan minat belajar, aktivitas belajar, dan hasil belajar Bahasa Indonesia khususnya pada materi mengapresiasi cerpen.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 808.307 12 Erf p
Keywords: Pembelajaran berbasis edmodo; Minat belajar; Aktivitas belajar siswa; Hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN6120 Fiction
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 31 Jan 2017 03:49
Last Modified: 31 Jan 2017 03:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22856

Actions (login required)

View Item
View Item