PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA SMA KELAS XI PADA MATERI HIDROLISIS GARAM SESUAI MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN DAN BERBASIS PROYEK

Yani, Ahmad Fauzi Syahputra (2015) PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA SMA KELAS XI PADA MATERI HIDROLISIS GARAM SESUAI MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN DAN BERBASIS PROYEK. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan penuntun praktikum hidrolisis garam sesuai model pembelajaran penemuan dan berbasis proyek. Penuntun praktikum dikembangkan berdasarkan sintaks model pembelajaran penemuan dan berbasis proyek. Penuntun praktikum yang telah disusun divalidasi oleh dosen dan diujicobakan ke sekolah. Lokasi penelitian yaitu SMA Dharma Pancasila Medan dengan waktu penelitian pada bulan Februari sampai Maret 2015. Sampel penelitian diambil sebanyak dua kelas yaitu kelas eksperimen I yang diajar menggunakan penuntun praktikum sesuai model penemuan dan kelas eksperimen II yang diajar menggunakan penuntun praktikum sesuai model pembelajaran berbasis proyek. Berdasarkan hasil angket yang diberikan kepada dosen dan guru diketahui bahwa nilai rata-rata penuntun berbasis proyek lebih tinggi dibandingkan dengan penemuan. Hal ini bertolak belakang dengan peningkatan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar yang diajar dengan menggunakan penuntun penemuan yaitu sebesar 79,48% dan yang diajar dengan menggunakan penuntun berbasis proyek yaitu sebesar 60,33%. Hal ini terjadi karena umumnya siswa masih belum terbiasa mencari dan menyusun sendiri rancangan praktikum sebagaimana yang harus dilakukan pada kelas yang menerapkan model berbasis proyek.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMuchtar, Zainuddin196703171992031004
Thesis advisorSilaban, Ramlan196006181987031002
Call Number: 541.393 071 2 Yan p
Keywords: Praktikum; Penemuan; Proyek
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 27 Jan 2017 07:39
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22824

Actions (login required)

View Item View Item