PELAKSANAAN METODE DEMONSTRASI SEBAGAI UPAYA PERBAIKAN HASIL BELAJAR LEMPAR TANGKAP BOLA KASTI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 060851 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Rambe, Tulus Priharja (2016) PELAKSANAAN METODE DEMONSTRASI SEBAGAI UPAYA PERBAIKAN HASIL BELAJAR LEMPAR TANGKAP BOLA KASTI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 060851 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM 6122111015 COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM 6122111015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM 6122111015 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM 6122111015 PREFACE.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM 6122111015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM 6122111015 TABLES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM 6122111015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM 6122111015 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. NIM 6122111015 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
013. NIM 6122111015 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
014. NIM 6122111015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbaikan hasil belajar lempar tangkap bola dalam permainan bola kasti melalui metode demonstrasi pada siswa kelas IV SD Negeri 060851 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 060851 Medan berjumlah 28 orang, yang diberikan tindakan berupa pengajaran lempar tangkap bola melalui metode demonstrasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) yang dapat dianalisis. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar lempar tangkap bola diakhir setiap siklus yang berbentuk aplikasi penilaian berupa portofolio, penelitian ini dilaksanakan selama dua minggu atau dua kali pertemuan. Setelah data terkumpul dilakukan analisis, maka diperoleh hasil analisisnya dengan diberikan penerapan melalui metode demonstrasi. Maka diperoleh tes hasil belajar pada siklus I sebanyak 21 orang siswa yaitu 75% telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dan 7 orang siswa yaitu 25% belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. dengan nilai KKM 65 siswa tuntas belajar pada siklus I sebanyak 21 orang (75%) sedangkan siswa dengan kategori belum tuntas dalam belajar sebanyak 3 orang (10,71%) dan ketuntasan siswa pada siklus II sebanyak 25 orang (89,21%). Pembelajaran lempar tangkap bola melalui metode demonstrasi dapat memberikan pengaruh secara signifikan terhadap proses pembelajaran lempar tangkap bola kasti bagi siswa kelas V SD Negeri 060851 Medan Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorNugraha, Tarsyad196504141990031001
Call Number: SK-2017 PJKR 001
Keywords: Hasil belajar; Permainan bola kasti; Demonstrasi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 25 Jan 2017 08:29
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22799

Actions (login required)

View Item View Item