PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK PENGGUNAAN ALAT UKUR SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 BALIGE T.A. 2014/2015

Simarmata, Rorio G. P. (2015) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK PENGGUNAAN ALAT UKUR SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 BALIGE T.A. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGASAHAN.pdf - Published Version

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR S.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA rev.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar teknik penggunaan alat ukur siswa kelas X SMK Negeri 1 Balige. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 4 kelas pada semester I Tahun Ajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara clsuster random sampling dengan mengambil dua kelas yaitu X TP II sebagai kelas eksperimen dan X TP III sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda sebanyak 23 soal yang sudah diuji cobakan dan dianalisis terlebih dahulu. Sebelum dilakukan perlakuan pada dua kelas tersebut terlebih dahulu diberikan pretest atau untuk memperoleh data awal dalam penelitian ini, dan setelah diberikan perlakuan kemudian diberikan posttest untuk memperoleh data hasil belajar. Data dari hasil belajar yang dicapai oleh siswa dan selanjutnya dianalisis untuk menguji hipotesis dengan uji t satu pihak. Hasil dari penelitian menunjukkan hasil belajar siswa sebelum pembelajaran antara kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki kemampuan awal yang sama, ditunjukkan dengan peroleh uji homogenitas pretest dari kelas eksperimen dan kelas kontrol yang homogen. Sesudah perlakuan pembelajaran kelas eksperimen yang menggunakan strategi pembelajaran kontekstual hasilnya lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran ekspositori. Dari hasil analisis uji hipotesis dengan taraf α = 0,05 dan data perbandingan nilai posttest dari kedua kelas didapat bahwa harga thitung > ttabelatau jatuh pada daerah penerimaan Ha, dengan demikian diperoleh bahwa terdapat pengaruh penggunaan strategi pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar teknik penggunaan alat ukur siswa kelas X SMK Negeri 1Balige.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSaragih, Abdul Hasan196011251986011002
Call Number: SK-2015 MSN 017
Keywords: Strategi pembelajaran; Pembelajaran kontekstual; Pembelajarab ekspositori; Hasil belajar; Teknik penggunaan alat ukur
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 20 Jan 2017 03:11
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22753

Actions (login required)

View Item View Item