HUBUNGAN PENGETAHUAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DAN PELAKSANAAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DENGAN KINERJA GURU SD NEGERI SE KOTA MEDAN

Lumban-Gaol, Ujian (2006) HUBUNGAN PENGETAHUAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DAN PELAKSANAAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DENGAN KINERJA GURU SD NEGERI SE KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
045030409- Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
045030409- Abstrak.pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
045030409- Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (725kB) | Preview
[img]
Preview
Text
045030409- Bab I.pdf - Published Version

Download (910kB) | Preview
[img]
Preview
Text
045030409- Bab V.pdf - Published Version

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
045030409- Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara Pengetahuan Manajemen Berbasis Sekolah dan Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru SD Negeri se Kota Medan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan angket, yang disebarkan terhadap Kepala Sekolah Negeri se-Kota Medan. Jumlah populasi keseluruhan Kepala Sekolah Negeri se-Kota Medan adalah 163 orang, dengan mempergunakan sampel secara acak proportional dan didapatkan dari jumlah sampel 30 orang dengan menggunakan rumus menurut Tuckman.Untuk menguji hipotesis digunakan teknik korelasi, regresi sederhana dan ganda padu taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa (1) Terdapat hubungan yang positif dan berarti antara Pengetahuan Manajemen Berbasis Sekolah dengan Kinerja Guru (rx1y = 0,625), (2) Terdapat hubungan yang positif dan berarti antara Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru (rx2y = 0,645), dan (3) Terdapat hubungan yang positif dan berarti antara Pengetahuan Manajemen Berbasis Sekolah dan Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah (rx1x2 = 0,497). Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,5390 atau 53,90 %, sehingga koefisien korelasi ganda R = 0,734 berhubungan dengan Kinerja Guru. Bila dirinci masing¬masing variabel bebas, ternyata Pengetahuan Manajemen Berbasis Sekolah memberikan sumbangan efektif sebesar = 25,31 % dan sumbangan relatif sebesar 46,95 % sedangkan Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah memberikan sumbangan efektif sebesar = 28,59 % dan sumbangan relatifnya sebesar 53,05 %.Penelitian ini menyimpulkan, bahwa Pengetahuan Manajemen Berbasis Sekolah dan Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah merupakan hal yang sangat penting dipahami para kepala sekolah negeri se-Kota Medan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorZainuddin, 195503071984031001
Thesis advisorSibarani, Berlin195706151982031005
Call Number: 371.2 Lum h
Keywords: Manajemen berbasis sekolah; Supervisi; Kinerja; Guru; Kepala sekolah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2264

Actions (login required)

View Item View Item