Sinaga, Yandra (2015) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEORI MEMASANG INSTALASI LISTRIK BANGUNAN SEDERHANA PADA KELAS X DI SMK SWASTA PAB 6 MEDAN ESTATE TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
|
Text
1 508131038 COVER.pdf - Published Version Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
2 508131038 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
3 508131038 ABSTRAK.pdf - Published Version Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
4 508131038 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
6 508131038 DAFTAR GAMBAR .pdf - Published Version Download (46kB) | Preview |
|
|
Text
5 508131038 DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (329kB) | Preview |
|
|
Text
7 508131038 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version Download (45kB) | Preview |
|
|
Text
8 508131038 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (45kB) | Preview |
|
|
Text
13 508131038 BAB V.pdf - Published Version Download (125kB) | Preview |
|
|
Text
14 508131038 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (149kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan dalam penetlitian ini adalah rendahnya hasil belajar teori Memasang Instalasi Tenaga Listrik Bangunan Sederhana dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar teori MITLBS pada kelas X di SMK Swasta PAB 6 Medan Estate Tahun Ajaran 2014 – 2015 dengan menerapkan media pembelajaran berbasis animasi power point. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMK Swasta PAB 6 Medan Estate. Penelitian terdiri dari 2 Siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah test untuk melihat hasil belajar siswa selama proses pembelajran berlangsung. Teknik analisis data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Dari analisis data yang diperoleh hasil belajar siswa pada test Siklus I mengalami peningkatan sebesar 20% dari Pretest dengan nilai rata – rata pretest 58,6 ( 7 siswa tuntas) dengan persentase 23% dan pada Siklus I nilai rata – rata 67,4 (13 siswa tuntas) dengan persentase 43%. Dan pada Siklus II mengalami peningkatan dengan hasil yang diperoleh adalah nilai rata – rata 75 (24 siswa tuntas) dengan persentase 80%. Terjadi peningkatan ketuntasan sebesar 37% (dari 43% menjadi 80%). Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan media pembelajaran menggunakan animasi power point dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada teori memasang instalasi tenaga listrik bangunan sederhana di kelas X SMK Swasta PAB 6 Medan Estate Tahun Ajaran 2014 – 2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Call Number: | SK-2015 ELK 029 | ||||||
Keywords: | Animasi Power Point, Instalasi, Siklus, Reduksi Data | ||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2000 Dynamoelectric machinery and auxiliaries Including generators, motors, transformers |
||||||
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro | ||||||
Depositing User: | Mr Maknun | ||||||
Date Deposited: | 16 Jan 2017 03:12 | ||||||
URI: | http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22626 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |