HUBUNGAN PERAN GURU SEBAGAI MOTIVATOR DENGAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS VIII SMP SWASTA ISLAM AL-ULUM TERPADU MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Zulaiva, Rabiah (2014) HUBUNGAN PERAN GURU SEBAGAI MOTIVATOR DENGAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS VIII SMP SWASTA ISLAM AL-ULUM TERPADU MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7103341091 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7103341091 LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7103341091 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7103341091 KATA-PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7103341091 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7103341091 DAFTAR TABEL iii.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7103341091 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7103341091 BAB 1.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 7103341091 BAB V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7103341091 DAFTAR PUSTAKA skirpsi dedek.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 7103341091 DAFTAR-RIWAYAT-HIDUP-1.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui hubungan peran guru sebagai motivator dengan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan, yang beralamat di jalan Tuasan No. 35 Medan. Jumlah populasi pada penelitian ini 131 responden yang terdiri dari 4 kelas, dan dengan menggunakan teknik sample random sampling maka jumlah sampel adalah 34 responden. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan angket yang terdiri atas 23 butir dengan teknik cronbach alpha diperoleh nilai reliabilitas sebesar 0,941. Instrument yang digunakan untuk mengukur variabel X berupa angket sedangkan untuk melihat variabel Y. Teknik analisis data menggunakan koefisien korelasi dan pengujian hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh perhitungan koefisien korelasi Product Moment diketahui bahwa rhitung > rtabel yaitu 0,935 > 0,338 pada taraf signifikan 95% dan alpha 0,05%. Ini menunjukkan bahwa korelasi antara peran guru sebagai motivator dengan prestasi belajar. Dan uji-t diperoleh thitung >ttabel yaitu 9,308 > 2,037. Ini menunjukkan bahwa korelasi antara peran guru sebagai motivator dengan prestasi belajar dan hipotesis diterima Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Terdapat hubungan antara peran guru sebagai motivator dengan prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan Tahun Pelajaran 2014/2015 dapat diterima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNasution, M.Fachry195601171983031002
Call Number: SK-2014 EKO 004
Keywords: Peran Guru Sebagai Motivator, Prestasi Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Dec 2016 02:26
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22233

Actions (login required)

View Item View Item