PERBEDAAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DENGAN GUIDED TEACHING PADA MATERI BIOSFER KELAS XI IPS MAN 3 MEDANTAHUN AJARAN 2014/2015

Sari, Lela (2015) PERBEDAAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DENGAN GUIDED TEACHING PADA MATERI BIOSFER KELAS XI IPS MAN 3 MEDANTAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 3101331003 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 3101331003 COVER.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 3101331003 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 3101331003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 3101331003 PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 3101331003 PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 3101331003 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 3101331003 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 3101331003 PREFACE.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 3101331003 PREFACE.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 3101331003 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 3101331003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 3101331003 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 3101331003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 3101331003 TABLES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 3101331003 TABLES.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 3101331003 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 3101331003 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 3101331003 CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 3101331003 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (377kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 3101331003 CHAPTER 6.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 3101331003 CHAPTER 6.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 16. NIM. 3101331003 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
16. NIM. 3101331003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Aktivitas belajar siswa menggunakan model pembelajaran quantum teaching dengan guided teaching pada materi biosfer kelas XI IPS MAN 3 Medan tahun ajaran 2014/2015. (2) Hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran quantum teaching dengan guided teaching pada materi biosfer kelas XI IPS MAN 3 Medan tahun ajaran 2014/2015. (3) Perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran quantum teaching dengan guided teaching pada materi biosfer kelas XI IPS MAN 3 Medan tahun ajaran 2014/2015.
Penelitian ini merupakan Penelitian Eksperimen yang dilaksanakan pada tahun 2014 di MAN 3 Medan. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa MAN 3 Medan Kelas XI IPS yang berjumlah 60 orang, yakni 30 orang kelas XI IPS-1 dan 30 orang XI IPS -2 serta sekaligus dijadikan sampel dalam penelitian (total sampling). Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah (1) Teknik komunikasi tidak langsung. (2) Observasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah deskriptif inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Aktivitas belajar siswa kelas XI IPS-1 MAN 3 Medan menggunakan model pembelajaran quantum teaching pada materi biosfer dengan rata-rata sebesar 2,41 lebih baik dibandingkan dengan kelas XI IPS-2 yang menggunakan model pembelajaran guided teaching dengan rata-rata sebesar 2,17. (2) Hasil belajar siswa kelas XI IPS MAN 3 Medan menggunakan model pembelajaran quantum teaching pada materi biosfer dengan rata-rata sebesar 85,83 lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran guided teaching dengan rata-rata sebesar 75.67. (3) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa menggunkan model pembelajaran Quantum Teaching dengan model pembelajaran Guided Teaching pada materi biosfer di kelas XI IPS MAN 3 Medan Tahun Ajaran 2014/2015. Dengan nilai thitung 4,5 > ttabel 2,002). Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas Quantum Teaching sebesar 85,83 dan Guided Teaching sebesar 75,67. Dengan perbedaan sebesar 7,16. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Quantum Teaching lebih baik digunakan dari pada model pembelajaran Guided Teaching

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2015 SJRH 060
Keywords: Belajar, Model pembelajaran, Sejarah Quantum teaching
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Dec 2016 08:36
Last Modified: 14 Dec 2016 08:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22126

Actions (login required)

View Item
View Item