PENERAPAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LINGKUNGAN HIDUP KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 3 MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014

Pasaribu, Sarah Perguson (2015) PENERAPAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LINGKUNGAN HIDUP KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 3 MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 3103131067 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 3103131067 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 3103131067 ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 3103131067 PREFACE.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 3103131067 PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 3103131067 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 3103131067 TABLES.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 3103131067 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 3103131067 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM. 3103131067 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM. 3103131067 CHAPTER VI.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. NIM. 3103131067 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan (1) Kreativitas belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 3 Medan melalui penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) pada materi lingkungan hidup. (2) Hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 3 Medan melalui penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) pada materi lingkungan hidup TA 2013/2014 . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian kelas XI IPS 2 yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kreativitas belajar siswa dengan menggunakan model Creative problem Solving pada materi lingkungan hidup pada siklus I adalah 56% menjadi 85% pada siklus II). 2) Hasil belajar siswa pada materi lingkungan hidup dengan menggunakan model Creative Problem Solving pada siklus I yaitu 71,88% kemudian pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 84,85%. Dari data-data yang dihasilkan menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa dan hasil belajar siswa di SMA Negeri 3 Medan. Penelitian ini juga menunjukkan adanya hubungan antara peningkatan kreativitas belajar siswa dengan ketuntasan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSitompul, Maringan195511211980122001
Call Number: SK-2015 GEO 035
Keywords: belajar, model Pembelajaran Creative Problem Solving,Lingkungan hidup
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 13 Dec 2016 07:50
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22110

Actions (login required)

View Item View Item