PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENGETAHUAN DASAR TEKNIK MESIN SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN THINK-TALK WRITE (TTW) KELAS X SMK N.2 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Ambarita., Jonatan Fradoli (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENGETAHUAN DASAR TEKNIK MESIN SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN THINK-TALK WRITE (TTW) KELAS X SMK N.2 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5122121004 Cover.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 5112121010 LEGITIMATION SHEET.pdf - Published Version

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5122121004 Abstract.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5122121004 Preface.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5122121004 Table Of Content.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5122121004 List Of Appendixes.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5122121004 Chapter I.pdf - Published Version

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 5122121004 Chapter V.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5122121004 Bibliography.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar Pengetahuan Dasar Teknik Mesin siswa kelas X TP SMK N 2 Medan dengan menerapkan strategi pembelajaran Think-Talk-Write (TTW). Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Objek pada penelitian ini adalah menggunakan strategi pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) sedangkan subjeknya adalah siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus memiliki 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa setelah penerapan strategi pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) meningkat dari pada aktivitas dan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pemebelajaran konvensional. Pada data awal sebelum diberikan tindakan terlihat bahwa nilai rata-rata kelas 48,43 dan jumlah persentase keberhasilan klasikal hanya mencapai 12,5%. Pada tindakan siklus I dengan penerapan strategi pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) diperoleh nilai rata-rata kelas 65,62 dan persentase keberhasilan klasikal 48,75% dan nilai observasi aktivitas guru 2,6. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan dari data awal baik dari segi rata-rata kelas maupun ketuntasan belajar. Pada tindakan siklus II dengan penerapan strategi pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) pada pertemuan keempat diperoleh nilai rata-rata kelas semakin meningkat lagi yaitu 86,59. Jumlah persentase keberhasilan klasikal juga semakin meningkat hingga mencapai 90,675% dan nilai rata-rata observasi aktivitas guru 3,6. Dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan strategi pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dapat meningkatkan hasil belajar siswa Pengetahuan Dasar Teknik Mesin siswa kelas X TP SMK N 2 Medan tahun ajaran 2016/2017

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSiman, 195501081980031007
Call Number: SK-2016 MSN 072
Keywords: Strategi Pembelajaran Think-Talk-Write; Hasil Belajar; Dasar Teknik Mesin Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ181 Mechanical movements
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 28 Nov 2016 03:59
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21703

Actions (login required)

View Item View Item