PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) DAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING ( CTL ) PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR TEKNIK KELAS X SMK SWASTA PAB 1 HELVETIA TAHUN AJARAN 2015/2016

Kustiawan, (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) DAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING ( CTL ) PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR TEKNIK KELAS X SMK SWASTA PAB 1 HELVETIA TAHUN AJARAN 2015/2016. Diploma thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1.Nim 5113321019 Cover.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Nim 5113321019 Approval Sheet.pdf - Published Version

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Nim 5113321019 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Nim 5113321019 PREFACE.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Nim 5113321019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Nim 5113321019 TABLE.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Nim 5113321019 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. Nim 5113321019 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. Nim 5113321019 BILLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model PBL dan CTL pada menggambar teknik di kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Swasta PAB 1 Helvetia Tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKR yang terdiri dari 2 kelas pada semester I Tahun Ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan kelompok yang sudah ada, dengan mengambil 2 kelas, X TKR1 sebagai kelas yang diajar dengan Model PBL dan X TKR2 sebagai kelas yang diajar dengan Model CTL. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda sebanyak 30 soal yang sudah diuji cobakan dan dianalisis terlebih dahulu. Sebelum dilakukan perlakuan pada 2 (dua) kelas tersebut terlebih dahulu diberikan pretest untuk memperoleh data awal untuk dan untuk mengetahui kemampuan kedua kelas tersebut apakah sama atau tidak. Setelah diberikan perlakuan kemudian diberikan posttest untuk memperoleh data hasil belajar. Data dianalisis menggunakan uji t. Dari hasil analisis uji hipotesis dengan taraf α = 0,01 dan derajat keberhasilan 58 nilai harga thitung > ttabel (3,28 > 2,45) demikian H0 ditolak. Yang berarti tersedia cukup bukti untuk menyatakan bahwa hasil belajar siswa yang diajar menggunakan PBL dan CTL berbeda Pada Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorLisyanto, 196607061993031002
Call Number: SK-2016 MSN 066
Keywords: Model Pembelajaran, Problem Based Learning; Hasil Belajar; Menggambar Teknik.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA630 Structural engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 28 Nov 2016 03:55
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21702

Actions (login required)

View Item View Item