PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA STANDAR KOMPETENSI PENGETAHUAN DASAR TEKNIK MESIN KELAS X SMK YWKA MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Sinaga, Daniel Carlos (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA STANDAR KOMPETENSI PENGETAHUAN DASAR TEKNIK MESIN KELAS X SMK YWKA MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5113121012 COVER.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5113121012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5113121012 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5113121012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5113121012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5113121012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5113121012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5113121012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 5113121012 BAB I.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5113121012 BAB V.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 5113121012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Pengetahuan Dasar Teknik Mesin dari siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas X program keahlian teknik permesinan SMK Swasta YWKA Medan. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X program keahlian teknik permesinan SMK Swasta YWKA Medan tahun ajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X program keahlian teknik permesinan SMK Swasta YWKA Medan yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 60 orang. Kedua kelas digunakan sebagai sampel. Kelas X TP I diterapkan model pembelajaran TGT sedangkan X TP 2 diterapkan model pembelajaran STAD, tiap kelas terdiri dari 30 dan 30 orang siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan test objektif. Untuk menguji normalitas data digunakan uji Liliefors pada taraf kepercayaan (α) sebesar 0,05. Pada model pembelajaran TGT diperoleh Lhitung= 0,0969 dan Ltabel = 0,161 , maka diperoleh Lhitung(0,0969) < Ltabel(0,161) pada kategori normal, dan pada model pembelajaran STAD Lhitung = 0,0841 dan Ltabel = 0,161 maka diperoleh Lhitung(0,0841) < Ltabel(0,161) pada kategori normal. Untuk menguji homogenitas data antara pembelajaran TGT dan STAD digunakan uji barlett pada taraf nyata (α) 0,05 diperoleh fhitung = 1,016 dan ftabel = 1,900, maka fhitung(1,016) < ftabel (1,900) dan disimpulkan bahwa varians sampel adalah homogen. Dengan menggunakan uji-t pada taraf nyata α =0,05 dengan kriteria uji tolak H0 jika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorLisyanto, 196607061993031002
Call Number: SK-2016 MSN 063
Keywords: Teams Games Tournament; Student Teams Achievement Division; Model Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ210.2 Mechanical devices and figures. Automata. Ingenious mechanisms. Robots (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 28 Nov 2016 02:19
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21686

Actions (login required)

View Item View Item