UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI KELAS IV SD NEGERI 173355 MARBUN KEC. BAKTIRAJA KAB. HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016

Berti, Tohom (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI KELAS IV SD NEGERI 173355 MARBUN KEC. BAKTIRAJA KAB. HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan pembelajaran berulang atau disebut siklus pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rendahnya hasil belajar siswa yang dihadapi didalam mengikuti pelajaran Matematika pada Pokok Bahasan Bangun Ruang. Selain itu penelitian bertujuan untuk mengetahui penggunaan pendekatan belajar kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar siswa didalam menyelesaikan soal pembelajaran matematika pada pokok bahasan bangun ruang. Sebagai subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDNegeri 173355 Baktiraja yang berjumlah 13 orang siswa. Adapun alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah lembar observasi, test awal serta test essay di setiap akhir tindakan dilaksanakan. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif yaitu melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sedangkan analisis kuantitatif yaitu dengan analisis persentase dengan kriteria penilaian perorangan yaitu persentase daya serap minimal 65 dan untuk keseluruhan atau klasikal persentase daya serap minimal sebesar 85%. Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan dengan menerapkan dua siklus, yaitu siklus 1 dan siklus 2. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus 1, diadakan tes awal pada siswa untuk mengetahui masalah yang dihadapi siswa dalam pembelajaran matematika. Kemudian dilanjutkan ke siklus 1 dan siklus 2. Dengan pemberian pre test diperoleh ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 23,07% dan pemberian pada post test siklus 1 diperoleh ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 53,84% ada peningkatan dari hasil pada tes awal sebesar 30,77%. Kemudian dilanjutkan dengan post test siklus 2 diperoleh ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 84,61%. Berarti terjadi peningkatan belajar sebesar 30,77% dari hasil post test pada siklus 1. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar dan pendekatan ini sangat cocok diterapkan dalam proses pembelajaran matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorIdrus, Said Iskandar Al197703182005011001
Call Number: SK-2016 PGSD 307
Keywords: Matematika; Hasil Belajar; Anak Didik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 22 Nov 2016 07:11
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21617

Actions (login required)

View Item View Item