PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KERJA KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA DI KELAS VI SD NEGERI 173355 MARBUN T.P. 2015/2016

Simanullang, Tiampe (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KERJA KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA DI KELAS VI SD NEGERI 173355 MARBUN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. Cover.pdf]
Preview
Text
1. Cover.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 2. Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (514kB) | Preview
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of 4. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of 8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of 9. BAB I.pdf]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (394kB) | Preview
[thumbnail of 13. BAB V.pdf]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada
pokok bahasan “Perubahan pada Benda”. Penelitian ini bertujuan untuk meningatkan
hasil belajar siswa.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 173355 Marbun Tahun Pelajaran
2015/2016 di kelas VI semester I yang berjumlah 16 orang, jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus.
Hasil penelitian pada tes awal telah diperoleh nilai rata-rata 49, dan siswa
yang mencapai tuntas sebanyak 4 orang atau 25%, dari jumlah keseluruhan siswa,
dan yang tidak tuntas sebanyak 12 orang atau 75% dari jumlah keseluruhan. Hasil
pemberian tes I (Siklus I) diperoleh rata-rata 55, dimana siswa yang mencapai nilai
tuntas sebanyak 9 orang atau 57% dari jumlah keseluruhan siswa dan yang tidak
tuntas sebanyak 7 orang atau 43% dari jumlah keseluruhan siswa. Pada siklus II
diperoleh skor rata-rata 74, dimana 13 orang atau 82% dari jumlah keseluruhan
mencapai ketuntasan, dan sebanyak 3 orang yang tidak tuntas atau 18%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran
kerja kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di
kelas VI SD Negeri 173355 Marbun Tahun Pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 PGSD 306
Keywords: Model Pembelajaran; IPA; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 22 Nov 2016 06:52
Last Modified: 22 Nov 2016 06:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21613

Actions (login required)

View Item
View Item