PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN DISPOSISI MATEMATIS ANTARA SISWA YANG DIBERI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN PENDEKATAN INKUIRI DI MTSN 1 RANTAUPRAPAT

Rahmad, (2016) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN DISPOSISI MATEMATIS ANTARA SISWA YANG DIBERI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN PENDEKATAN INKUIRI DI MTSN 1 RANTAUPRAPAT. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. 8146172057 COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. 8146172057 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. 8146172057 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. 8146172057 PREFACE.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. 8146172057 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. 8146172057 TABLES.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. 8146172057 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. 8146172057 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
012. 8146172057 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
013. 8146172057 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemahaman matematis antara siswa yang diberi pendekatan matematika realistik dengan siswa yang diberi pendekatan inkuiri, (2) Mengetahui apakah terdapat perbedaan disposisi matematis antara siswa yang diberi pendekatan matematika realistik dengan siswa yang diberi pendekatan inkuiri, (3) Mendeskripsikan proses jawaban siswa dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan pemahaman matematis antara siswa yang diberi pendekatan matematika realistik dengan siswa yang diberi pendekatan inkuiri, (4) Mendeskripsikan respon siswa terhadap pendekatan matematika realistik dan pendekatan inkuiri. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas VII MTsN 1 Rantauprapat yang berjumlah 240 siswa, dengan mengambil sampel dua kelas berjumlah 60 siswa melalui teksin cluster random sampling. Analisis data dilakukan dengan Anacova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman matematis antara siswa yang diberi pendekatan matematika realistik dengan siswa yang diberi pendekatan inkuiri, (2) Terdapat perbedaan disposisi matematis antara siswa yang diberi pendekatan matematika realistik dengan siswa yang diberi pendekatan inkuiri, (3) Proses jawaban siswa dalam penyelesaian soal-soal kemampuan pemahaman matematis siswa yang diberi pendekatan matematika realistik lebih baik dan bervariasi dibanding dengan siswa yang diberi pendekatan inkuiri, (4) Respon siswa terhadap pendekatan matematika realistik dan pendekatan inkuiri dalam kategori respon positif dengan persentase lebih dari 80%.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRajagukguk, W.196110051968011001
Thesis advisorFauzi, M. Amin196406291993031001
Call Number: 510.071 Rah p
Keywords: Pendekatan matematika realistik; Pendekatan inkuiri; Pemahaman matematis; Disposisi matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 22 Nov 2016 04:23
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21600

Actions (login required)

View Item View Item