PERBEDAAN KEMAMPUAN SPASIAL DAN DISPOSISI MATEMATIS ANTARA SISWA YANG DIBERI PEMBELAJARAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN APLIKASI WINGEOM DENGAN BERBANTUAN APLIKASI CABRI DI MTS S ISLAMIYAH KOTAPINANG

Harahap, Hidayatul Mazidah (2016) PERBEDAAN KEMAMPUAN SPASIAL DAN DISPOSISI MATEMATIS ANTARA SISWA YANG DIBERI PEMBELAJARAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN APLIKASI WINGEOM DENGAN BERBANTUAN APLIKASI CABRI DI MTS S ISLAMIYAH KOTAPINANG. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. 8146172025 COVER.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. 8146172025 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. 8146172025 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. 8146172025 PREFACE.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. 8146172025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. 8146172025 TABLES.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. 8146172025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. 8146172025 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
012. 8146172025 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
013. 8146172025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah terdapat perbedaan signifikan antara kemampuan spasial siswa pada pembelajaran pendekatan matematika realistik berbantuan aplikasi wingeom dengan berbantuan aplikasi Cabri, (2) Apakah terdapat perbedaan signifikan antara kemampuan disposisi matematis siswa melalui pembelajaran Pendekatan Matematika Realistik yang berbantuan aplikasi Wingeom dengan berbantuan aplikasi Cabri, (3) Bagaimana kadar aktivitas aktif siswa, selama proses penerapan pembelajaran Pendekatan Matematika Realistik berbasis aplikasi Wingeom. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs S Islamiyah Kotapinang, kemudian dipilih dua kelas. Kelas eksperimen 1 mendapat pembelajaran Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Aplikasi Wingeom dan kelas eksperimen 2 mendapat pembelajaran Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Aplikasi Cabri. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes kemampuan spasial, (2) angket disposisi,(3) dan angket hasil aktivitas siswa dalam Pembelajaran Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Aplikasi Wingeom. Analisis data dilakukan dengan analisis kovarian (ANACOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan signifikan antara kemampuan spasial siswa pada pembelajaran pendekatan matematika realistik berbantuan aplikasi wingeom dengan berbantuan aplikasi Cabri (2) terdapat perbedaan signifikan antara kemampuan disposisi matematis siswa melalui pembelajaran Pendekatan Matematika Realistik yang berbantuan aplikasi Wingeom dengan berbantuan aplikasi Cabri, (3) Aktivitas siswa dalam pembelajaran Pendekatan Realistik berbantuan aplikasi wingeom adalah efektif. Guru matematika diharapkan dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, memberi kesempatan pada siswa untuk mengungkapkan gagasannya dalam bahasa dan cara mereka sendiri.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorManullang, Martua195205171977021001
Thesis advisorFauzi, M. Amin196406291993031001
Call Number: 516.071 Har p
Keywords: Pembelajaran pendekatan matematika realistik aplikasi wingeom; Aplikasi cabri; Kemampuan spasial dan disposisi matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 22 Nov 2016 04:06
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21597

Actions (login required)

View Item View Item