Smarmata, Nurhabibah (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DIKELAS IV SD NEGERI 101776 SAMPALI T. A 2015/ 2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
|
Text
1. NIM. 1122111014 COVER.pdf - Published Version Download (51kB) | Preview |
|
|
Text
2. NIM. 1122111014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version Download (403kB) | Preview |
|
|
Text
3. NIM. 1122111014 ABSTRACT.pdf - Published Version Download (238kB) | Preview |
|
|
Text
3. NIM. 1122111014 ABSTRACT.pdf - Published Version Download (238kB) | Preview |
|
|
Text
4. NIM. 1122111014 PREFACE.pdf - Published Version Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
6. NIM. 1122111014 TABLES.pdf - Published Version Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
7. NIM. 1122111014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
8. NIM. 1122111014 APPENDICES.pdf - Published Version Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
9. NIM. 1122111014 CHAPTER I.pdf - Published Version Download (296kB) | Preview |
|
|
Text
13. NIM. 1122111014 CHAPTER V.pdf - Published Version Download (207kB) | Preview |
|
|
Text
14. NIM. 1122111014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version Download (114kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bilangan bulat dengan pendekatan scientific di kelas IV SDN. 101776 Sampali T.A 2015/2016. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan pendekatan scientific dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bilangan bulat di kelas IV SDN. 101776 Sampali T.A 2015/2016. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan jumlah subjek penelitian 25 siswa yang berasal dari siswa kelas IV SDN 101776 Sampali pada tahun ajaran 2015/2016. Dimana kegiatan berlangsung ketika pembelajaran matematika. Untuk memproleh data penelitian ini menggunakan tes dan juga lembar observasi. Setelah melaksanakan siklus I dengan menggunakan pendekatan scientific, diproleh tingkat ketuntasan klasikal siswa adalah 9 orang atau 36% dengan rata-rata 67,80 atau sebanding dengan rendah begitu pula dengan penerapan pendekatan scientific yang digunakan guru masih buruk dengan nilai 42,23%. Setelah melaksanakan siklus II dengan menggunakan pendekatan scientific, diperoleh ketuntasan klasikal adalah 19 siswa atau 76,00% dengan rata-rata 80,00 atau sebanding dengan sangat tinggi begitu pula dengan nilai guru yang sudah sangat baik dengan rata rata 80,5%. Pada siklus I pada penerapan pendekatan scientific oleh guru dapat dikatakan kategori buruk dan diikuti dengan hasil belajar siswa yang rendah. Sedangkan pada siklus II pada penerapan pendekatan scientific oleh guru dapat dikatakan kategori sangat baik dan diikuti dengan hasil belajar yang sangat baik pula. Maka dari itu hipotesis yang berbunyi “dengan menggunakan pendekatan scientific dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi bilangan bulat
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Call Number: | SK-2016 PGSD 186 | ||||||
Keywords: | Hasil Belajar; Model Kumon; Matematika | ||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||
Depositing User: | Mr Maknun | ||||||
Date Deposited: | 22 Nov 2016 04:01 | ||||||
URI: | http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21594 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |