MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 101767 TEMBUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

Rdinanti, Rizki (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 101767 TEMBUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM.1123111081 COVER.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM.1123111081 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (567kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM.1123111081 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM.1123111081 PREFACE.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM.1123111081 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM.1123111081 TABLE.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM.1123111081 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM.1123111081 GRAPHIC.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM.1123111081 APPENDCES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM.1123111081 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM.1123111081 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM.1123111081 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah penggunaan metode pembelajaran yang masih konvensional atau berpusat pada guru dan siswa yang kurang aktif, siswa tidak tertarik dalam mengikuti pelajaran di dalam kelas, sehingga hal ini membuat hasil belajar siswa menjadi rendah. Peneliti bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan metode Quantum Teaching didalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi Cahaya dan Sifat-Sifatnya, kelas V SD Negeri 101767 Tembung Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dimana yang menjadi subjek dalam penelitian ini ialah siswa kelas V SD Negeri 101767 Tembung, Kecamatan percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 25 orang siswa. Terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan. Objek pada penelitian ini adalah metode Quantum Teaching yang digunakan dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Data analisis dengan menggunakan persentase, pengamatan, dan tes. Setelah dilaksanakan penelitian, diperoleh hasil bahwa dari 25 orang siswa, jumlah siswa yang mencapai ketuntasan pada saat Pre-test hanya terdiri dari 6 orang siswa dengan persentase 24% dan 19 orang siswa belum tuntas dengan persentase 76%, nilai rata-rata 46. Setelah pelaksanaan siklus I jumlah siswa yang mencapai ketuntasan mulai meningkat menjadi 13 orang siswa dengan persentase 52% dan 12 orang siswa belum tuntas dengan persentase 48%, nilai rata-rata secara klasikal 64,4. Selanjutnya pada siklus II jumlah siswa tuntas semakin meningkat menjasi 22 orang siswa dengan persentase 88% dan 3 orang siswa belum tuntas dengan persentase 12%, nilai rata-rata seluruhnya 80,4. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi Cahaya dan Sifat-Sifatnya, kelas V SD Negeri 101767, Kecamatan Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorGultom, Ibrahim195707031986011001
Call Number: SK-2016 PGSD 184
Keywords: Quantum Teaching; IPA; Cahaya; Sifat-Sifatnya; hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 22 Nov 2016 03:42
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21587

Actions (login required)

View Item View Item