PENGARUH MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN MUSIKAL TERHADAP HASIL BELAJAR PIANO MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN SENI MUSIK UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Simamora, Deslina (2016) PENGARUH MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN MUSIKAL TERHADAP HASIL BELAJAR PIANO MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN SENI MUSIK UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8136122010 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8136122010 COVER.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8136122010 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8136122010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8136122010 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8136122010 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8136122010 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8136122010 PREFACE.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8136122010 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8136122010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8136122010 LIST OF TABLES .pdf]
Preview
Text
6. NIM 8136122010 LIST OF TABLES .pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8136122010 LIST OF FIGURES .pdf]
Preview
Text
7. NIM 8136122010 LIST OF FIGURES .pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8136122010 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8136122010 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8136122010 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8136122010 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8136122010 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8136122010 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8136122010 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8136122010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar piano mahasiswa yang diajar dengan multimedia CD Interaktif dibandingkan dengan mahasiswa yang diajar dengan multimedia pembelajaran CD Program; (2) hasil belajar piano mahasiswa yang memiliki kecerdasan musikal tinggi dengan hasil belajar mahasiswa yang memiliki kecerdasan musikal rendah; (3) mengetahui interaksi antara pembelajaran multimedia dan kecerdasan musikal mahasiswa terhadap hasil belajar Piano. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Negeri Medan Jurusan Pendidikan Seni Musik pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Populasi berjumlah 115 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling berjumlah 70 orang yang terdiri dari 36 orang kelas Piano 1 diajarkan multimedia CD Interaktif dan 34 orang kelas piano 2 diajarkan multimedia pembelajaran CD Program. Tes Kecerdasan Musikal dilakukan untuk mengelompokkan mahasiswa yang mempunyai kecerdasan musikal tinggi dan kecerdasan musikal rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Uji statistik yang digunakan adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan dilanjutkan dengan statistik inferensial dengan menggunakan Anava dua jalur dengan taraf signifikan α = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Sebelumnya dilakukan uji analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar piano mahasiswa yang diajarkan dengan multimedia CD Interaktif lebih baik dari pada hasil belajar piano mahasiswa yang diajarkan dengan multimedia pembelajaran CD Program, dengan Fhitung = 4,304 > Ftabel = 3,98 pada taraf signifikan α = 0,05; (2) hasil belajar Piano mahasiswa yang memiliki kecerdasan musikal lebih baik dari pada hasil belajar Piano mahasiswa yang memiliki kecerdasan musikal rendah, dengan Fhitung = 41,628 > Ftabel = 3,98 pada taraf signifikan α = 0,05; (3) terdapat interaksi antara pembelajaran multimedia dengan kecerdasan musikal dalam mempengaruhi hasil belajar mahasiswa, dengan Fhitung = 7,094 > Ftabel = 3,98 pada taraf signifikan α = 0,05. Hipotesis ini menunjukkan bahwa multimedia CD Interaktif lebih tepat dari pada multimedia pembelajaran CD Program dalam meningkatkan hasil belajar piano mahasiswa, dan mahasiswa yang memiliki kecerdasan musikal tinggi akan memperoleh hasil yang lebih baik dari pada mahasiswa yang memiliki kecerdasan musikal rendah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.87 Sim p
Keywords: Hakikat belajar; Hasil belajar piano; Multimedia pembelajaran; Kecerdasan musikal
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > MT Instruction and study
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 21 Nov 2016 03:28
Last Modified: 21 Nov 2016 03:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21573

Actions (login required)

View Item
View Item