UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STOP THINK DO DI KELAS IV SD NEGERI 173461 ONAN GANJANG KECAMATAN ONAN GANJANG KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016

Sembiring, Rusti (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STOP THINK DO DI KELAS IV SD NEGERI 173461 ONAN GANJANG KECAMATAN ONAN GANJANG KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (581kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 173461 Onan Ganjag Kecamatan Onan Ganjang Kabupaten Humbang Hasundutan, jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan metode stop think do dalam pembelajaran yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan metode stop think do dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sifat-sfat operasi hitung di kelas IV SD Negeri 173461 Onan Ganjang kecamatan Onan Ganjang Kabupaten Humbang Hasundutan. Dari penelitian yang dilaksanakan diproleh peningkatan hasil belajar setelah dilaksakan tindakan. Hasil penelitian pada saat pre test, rata-rata kelas yang diproleh siswa sebanyak 55,38 dari 13 orang siswa, dimana 4 siswa (30,77%) memproleh ketuntasan dan 9 siswa (69,23%) yang belum tuntas. Pada siklus I rata-rata kelas siswa meningkat menjadi 63,84 dimana 7 siswa (53,85%) memproleh ketuntasan, 6 siswa (46,15%) yang belum tuntas dan nilai observasi aktivitas siswa dibawah 85% kategori penilaian baik secara klasikal. Pada siklus II rata-rata siswa yang meningkat 80,38 dimana 11 siswa (84,62%) memproleh ketuntasan, 2 siswa (15,38%) yang belum tuntas dan nilai observasi aktivitas siswa diatas 85% kategori penilaian baik sekali secara klasikal. Dari peningkatan ketuntasan secara klasikal yang diproleh siswa dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran stop think do dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorNapitupulu, Bangun195404231976031003
Call Number: SK-2016 PGSD 249
Keywords: Hasil Belajar; Stop Think Do;Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Nov 2016 09:04
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21553

Actions (login required)

View Item View Item