UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STOP THINK DO DI KELAS IV SD NEGERI 173461 ONAN GANJANG KECAMATAN ONAN GANJANG KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016

Sembiring, Rusti (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STOP THINK DO DI KELAS IV SD NEGERI 173461 ONAN GANJANG KECAMATAN ONAN GANJANG KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. Cover.pdf]
Preview
Text
1. Cover.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (581kB) | Preview
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of 4. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 8. BAB I.pdf]
Preview
Text
8. BAB I.pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview
[thumbnail of 12. BAB V.pdf]
Preview
Text
12. BAB V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 13. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 173461 Onan Ganjag Kecamatan
Onan Ganjang Kabupaten Humbang Hasundutan, jenis penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan metode stop think do dalam
pembelajaran yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan metode
stop think do dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sifat-sfat operasi
hitung di kelas IV SD Negeri 173461 Onan Ganjang kecamatan Onan Ganjang
Kabupaten Humbang Hasundutan.
Dari penelitian yang dilaksanakan diproleh peningkatan hasil belajar
setelah dilaksakan tindakan. Hasil penelitian pada saat pre test, rata-rata kelas
yang diproleh siswa sebanyak 55,38 dari 13 orang siswa, dimana 4 siswa
(30,77%) memproleh ketuntasan dan 9 siswa (69,23%) yang belum tuntas. Pada
siklus I rata-rata kelas siswa meningkat menjadi 63,84 dimana 7 siswa (53,85%)
memproleh ketuntasan, 6 siswa (46,15%) yang belum tuntas dan nilai observasi
aktivitas siswa dibawah 85% kategori penilaian baik secara klasikal. Pada siklus II
rata-rata siswa yang meningkat 80,38 dimana 11 siswa (84,62%) memproleh
ketuntasan, 2 siswa (15,38%) yang belum tuntas dan nilai observasi aktivitas
siswa diatas 85% kategori penilaian baik sekali secara klasikal. Dari peningkatan
ketuntasan secara klasikal yang diproleh siswa dapat disimpulkan bahwa
penggunaan model pembelajaran stop think do dapat meningkatkan hasil belajar
siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 PGSD 249
Keywords: Hasil Belajar; Stop Think Do;Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Nov 2016 09:04
Last Modified: 17 Nov 2016 09:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21553

Actions (login required)

View Item
View Item