PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 173315 SILABAN T.P. 2015/2016

Pakpahan, Rejeki (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 173315 SILABAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (582kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pokok bahasan “Alat Pernapasan pada Manusia dan Hewan”. Penelitian ini bertujuan untuk meningatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 173315 Silaban Tahun Pelajaran 2015/2016 di kelas V semester I yang berjumlah 25 orang, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Hasil penelitian pada tes awal telah diperoleh nilai rata-rata 49 dan siswa yang mencapai tuntas sebanyak 5 orang atau 20%, dari jumlah keseluruhan siswa, dan yang tidak tuntas sebanyak 20 orang atau 80% dari jumlah keseluruhan. Hasil pemberian tes I (Siklus I) diperoleh rata-rata 56, dimana siswa yang mencapai nilai tuntas sebanyak 14 orang atau 56% dari jumlah keseluruhan siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 11 orang atau 44% dari jumlah keseluruhan siswa. Pada siklus II diperoleh skor rata-rata 76 dimana 22 orang atau 88% dari jumlah keseluruhan mencapai ketuntasan, dan sebanyak 3 orang yang tidak tuntas atau 12%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 173315 Silaban Tahun Pelajaran 2015/2016

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorPurba, Parulian195703051984031001
Call Number: SK-2016 PGSD 253
Keywords: IPA; Model Pembelajaran; Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Nov 2016 08:18
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21547

Actions (login required)

View Item View Item