UPAYA MENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DI KELAS IV SD NEGERI 030429 JAMBU T.P 2015/2016

Boangmanalu, Minar (2016) UPAYA MENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DI KELAS IV SD NEGERI 030429 JAMBU T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 114522314022 COVER.pdf - Published Version

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 114522314022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (752kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 114522314022 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 114522314022 FREFACE.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 114522314022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 114522314022 TABLES.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 114522314022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 114522314022 GRAFIC.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 114522314022 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 114522314022 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 114522314022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 030429 Jambu Kecamatan Siempat Rube Kabupaten Pakpak Bharat, jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw dalam pembelajara yang bertujuan untuk mengetahui sejuh mana penggunaan model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi memahamimsistem pemerintahan Desa dan Kecamatan di kelas IV SD Negeri 030429 Jambu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri No 030429 Jambu dengan jumlah siswa 12orang terdiri dari 4 siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki. Dari penelitian yang dilaksanakan, diperoleh peningkatan dan aktivitas hasil belajar setelah dilaksanakan tindakan. Hasil penelitian pada saat pre tes, rata-rata kelas yang diperoleh siswa sebanyak 52.91 dari 12 orang siswa, dimana 2 orang siswa (16.67%) memperoleh ketuntasan dan 10 siswa (83.33%) yang belum tuntas. Pada siklus I rata-rata kelas siswa meningkat menjadi 7,00 dimana 8 orang siswa (66.67%) memperoleh ketuntasan, 4 siswa (33.33%) yang belum tuntas dan nilai observasi aktivitas siswa 91.66% kategori aktivitas siswa aktif secara klasikal Dari peningkatan ketuntasan secara klasikal yang diperoleh siswa dapat isimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMansyur, Abil197209061999031002
Call Number: SK-2016 PGSD 223
Keywords: Hasil Belajar; PKn; Materi Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 16 Nov 2016 06:40
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21513

Actions (login required)

View Item View Item