HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA VISUAL GAMBAR DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD 020264 BINJAI KEC. BINJAI UTARA T.A 2016/2017

Siahaan, Tiurlan Yuli Riani (2016) HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA VISUAL GAMBAR DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD 020264 BINJAI KEC. BINJAI UTARA T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1123311080_COVER.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1123311080_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1123311080_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1123311080_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1123311080_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1123311080_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1123311080_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1123311080_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1123311080_BAB I.pdf - Published Version

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1123311080_BAB V.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1123311080_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas hubungan penggunaan media visual gambar dengan motivasi belajar siswa kelas V SD negeri 020264 Binjai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan penggunaan media visual gambar dengan motivasi belajar siswa kelas V SD negeri 020264 Binjai. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 020264 Binjai dengan populasi sebanyak 75 orang dan sampel dengan 50 responden. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling sedangkan instrumen yang digunakan untuk mengukur penggunaan media visual gambar dan motivasi belajar siswa adalah angket dengan jumlah 80 butir. Untuk tes uji validitas media visual gambar dan motivasi belajar menggunakan teknik korelasi produk momen dengan hasil 32 butir dinyatakan valid untuk media visual dan 34 butir dinyatakan valit untuk motivasi belajar, sedangkan realibilitas tes di uji menggunakan alpha dengan hasil 0,922 untuk media visual gambar dan 0,930 untuk motivasi belajar pada taraf signifikan 95% dengan alpha 5%. Teknik analisis data menggunakan korelasi Product Moment sedangkan hipotesis menggunakan uji t. Hasil perhitungan koefisien korelasi menunjukkan bahwa pada taraf signifikan 5% sebesar 0,273 sedangkan sebesar 0,980 berada pada arah yang positif. Dengan demikian dapat diketahui bahwa lebih besar dari pada taraf signifikan 5%. Sedangkan hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh sebesar 33,957 dan 0,273. Untuk mengetahui besar kontribusi variabel X dan Y digunakan rumus atau (33,957 sehingga dapat dikatakan bahwa penggunaan media visual gambar memiliki hubungan sebesar 5,79% dengan motivasi belajar siswa, yang berarti Ha diterima dan Ho di tolak yang artimya terdapat hubungan positif yang signifikan penggunaan media visual gambar dengan motivasi belajar siswa SD Negeri 020264 Binjai Utara. Berdasarkan hasil penelitian dapat dibuat kesimpulan bahwa penggunaan media visual gambar akan berdampak pada motivasi belajar anak. Semakin baik media visual yang diterapkan oleh guru di kelas maka semakin tinggi motivasi belajar siswa SD Negeri 020264 Binjai Utara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNasrun, 195705141984031001
Call Number: SK-2016 PGSD 193
Keywords: Media Visual; Motivasi Belajar; Media Gambar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 16 Nov 2016 05:01
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21509

Actions (login required)

View Item View Item