PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD SWASTA CHANDRA KUSUMA DELI SERDANG

Simarmata, Rosianna Agustina (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD SWASTA CHANDRA KUSUMA DELI SERDANG. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. COVER THESIS.pdf]
Preview
Text
1. COVER THESIS.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 2. Lembar Pengesahan + Persetujuan + Plagiat.pdf]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan + Persetujuan + Plagiat.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[thumbnail of 3. Abstrak B. Indonesia & B. Inggris.pdf]
Preview
Text
3. Abstrak B. Indonesia & B. Inggris.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[thumbnail of 4. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview
[thumbnail of 5. Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (362kB) | Preview
[thumbnail of 6. Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of 7. Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[thumbnail of 8. Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of 9. BAB I.pdf]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 13. BAB V.pdf]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 14. Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) perbedaan hasil belajar Matematika antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Posing dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Langsung, (2) perbedaan hasil belajar Matematika siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi dengan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah, (3) interaksi model pembelajaran dengan kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar Matematika. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Swasta Chandra Kusuma Deli Serdang sebanyak 3 kelas dengan jumlah 72 siswa. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan Cluster Random Sampling. Sampel penelitian terdiri dari 48 siswa. Instrumen pengukuran untuk mengukur hasil belajar Matematika digunakan tes objektif berbentuk pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban terdiri dari 26 butir soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Untuk memperoleh data kemampuan berpikir kreatif siswa dilakukan dengan menggunakan angket yang telah diuji kevalidan dan reliabilitasnya. Bentuk soal adalah tes uraian terbatas sebanyak 25 butir soal. Untuk menganalisis tes hasil belajar Matematika digunakan rumus Korelasi Point Biserial, sedangkan analisis angket kemampuan berpikir kreatif menggunakan rumus Product Moment. Metode penelitian menggunakan Quasi eksperimen, dengan desain penelitian 2 x 2, sedangkan teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi ∝ = 0.05. Syarat ANAVA adalah data harus berdistribusi normal berdasarkan ketentuan tabel Lilifors dan data harus memiliki varians populasi homogeny berdasarkan uji Fisher dan uji Barlett. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) hasil belajar Matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing lebih tinggi dari hasil belajar Matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Langsung, (2) hasil belajar Matematika siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi lebih tinggi dari hari hasil belajar Matematika siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah, (3) terdapat interaksi antara penggunaan model pembelajaran dengan kemampuan berpikir kreatif dalam mempengaruhi hasil belajar Matematika. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Posing dalam pembelajaran Matematika lebih efektif digunakan bagi siswa dengan kemampuan berpikir kreatif tinggi. Implikasi penelitian ini secara khusus ditujukan kepada guru Matematika agar menerapkan model pembelajaran Problem Posing dalam pembelajaran serta memperhatikan perkembangan kemampuan berpikir kreatif siswa selama pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.7 Sim p
Keywords: Hasil belajar matematika; Model pembelajaran; Berpikir kreatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 15 Nov 2016 03:42
Last Modified: 21 Nov 2016 03:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21455

Actions (login required)

View Item
View Item