PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PROBLEM SOLVING TEHADAP KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS VIII-L PECANDU GAME ONLINE DI SMP NEGERI 10 MEDAN TAHUN AJARAN 2015/ 2016

Putri., Dian Aulia (2016) PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PROBLEM SOLVING TEHADAP KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS VIII-L PECANDU GAME ONLINE DI SMP NEGERI 10 MEDAN TAHUN AJARAN 2015/ 2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 1123151010 COVER.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 1123151010 LEMBAR PENGESAHAN.docx.pdf - Published Version

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 1123151010 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 1123151010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 1123151010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 1123151010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 1123151010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 1123151010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 1123151010 BAB I.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 1123151010 BAB V.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 1123151010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah ada pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok teknik problem solving terhadap konsentrasi belajar siswa kelasVIII-L pecandu game online di SMP Negeri 10 MedanTahun Ajaran 2015/ 2016? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok teknik problem solving terhadap konsentrasi belajar siswa kelas VIII-L pecandu game online di SMPNegeri 10 MedanTahun Ajaran 2015/ 2016. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII-L di SMP Negeri 10 Medan Tahun Ajaran 2015/ 2016 yang berjumlah 30 siswa. Penulis memilih kelas VIII-L dikarenakan membutuhkan arahan dalam konsentrasi belajar siswa pecandu game online. Cara pengambilan sampel untuk mengetahui konsentrasi belajar siswa pecandu game online dengan menggunakan teknik scraning (penyaringan) sebanyak 10 orang yang berasal dari kelas VIII-L. Bentuk angket yang digunakan adalah bentuk pilihan atau multiple choice sebanyak 30 butir angket yang terlebih dahulu diujicobakan kepada siswa kelas VIII-K kemudian dianalisis untuk mendapatkan butir item yang valid dan reliabel. Dari hasil uji coba diperoleh 17 butir item angket yang valid dan reliabel sehingga dapat untuk mengumpulkan data selanjutnya. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain pre-test dan post-test. Pre-test diberikan sebelum dilakukan bimbingan kelompok dan post-test diberikan setelah dilakukan bimbingan kelompok. Pengujian hipotesis ini menggunakan uji beda yaitu: jika thitung > ttabel pada taraf α = 0.05 ha diterima ho ditolak dan jika thitung < ttabel pada taraf α = 0.05 ha ditolak ho diterima. Pada taraf α = 0,05 diperoleh sebesar 2,262, maka thitung (4,714) > ttabel (2,262). Maka hipotesis yang menyatakan adanya pengaruh yang signifikan antara pelaksanaan layanan bimbingan kelompok terhadap konsentrasi belajar siswa kelas VIII-L pecandu game online di SMP Negeri 10 Medan Tahun Ajaran 2015/2016 dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRahmulyani, 196105111986012001
Call Number: SK-2016 BK 060
Keywords: Bimbingan kelompok; teknik problem solving; konsentrasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 10 Nov 2016 06:09
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21390

Actions (login required)

View Item View Item