PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF- INSTRUCTION DALAM MENGURANGI KEJENUHAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PERBAUNGAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Dewi, Emlia Apriani (2016) PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF- INSTRUCTION DALAM MENGURANGI KEJENUHAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PERBAUNGAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 1123151014 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 1123151014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (597kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 1123151014 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 1123151014 PREFACE.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 1123151014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 1123151014 TABLES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 1123151014 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 1123151014 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 1123151014 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 1123151014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah ada pengaruh pemberian layanan konseling kelompok teknik self- instruction dalam mengurangi kejenuhan belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Perbaungan Tahun Ajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah ntuk mengetahui pengaruh pemberian layanan konseling kelompok teknik self- instruction dalam mengurangi kejenuhan belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 perbaungan Tahun Ajaran 2015/2016.Hipotesis-nya adalah ada pengaruh layanan konseling kelompok teknik self- instruction terhadap kejenuhan belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Perbaungan Tahun Ajaran 2015/2016. Metode yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan rancangan Pre-test dan Post-test Group Design.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-6 yang terdiri dari 8 orang siswa. Instrument yang digunakan adalah angket untuk mengetahui kejenuhan belajar siswa yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon. Hasil peneltian menunjukkan bahwa pelaksanaan konseling kelompok teknik self- instruction berpengaruh dalam mengurangi kejenuhan belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tahun Ajaran 2015/2016. Dengan rata – rata pre test kelompok perlakuan sebesar 99,125 dan rata – rata post test 67,3. Hal ini tergambar dengan hasil Uji Wilcoxon yang dilakukan dengan hasil diperoleh Jhitung = 0, Dengan α = 0,05 dan n=8, maka berdasarkan daftar, Jtabel = 4. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung lebih kecil dari Jtabel, maka Hipotesis Ho ditolak hal ini diperkuat dengan persamaan rumus Z. Karena nilai z hitung adalah -2,910 dan itu lebih kecil dari nilai z tabel yaitu -1,96. Maka hipotesis ditolak artinya ada perbedaan antara sebelum dan sesudah diberi perlakuan sehingga kejenuhan belajar siswa berkurang sesudah mengikuti konseling kelompok teknik self- instruction pada kelas VIII SMP Negeri 3 Perbaungan T.A 2015/2016, dapat diterima.Penurunan tingkat kejenuhan belajar siswa setelah mengikuti konseling kelompok adalah 32,089%. Maka dapat disimpulkan melalui konseling kelompok teknik self- instruction dapat mengurangi kejenuhan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLubis, Zuraida19630216198032001
Call Number: SK-2016 BK 061
Keywords: Konseling Kelompok; Teknik self- instruction; Kejenuhan Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 10 Nov 2016 05:01
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21387

Actions (login required)

View Item View Item