PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN INQUIRY DAN DISCOVERY PADA TOPIK BIOTEKNOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR, KETERAMPILAN PROSES SAINS, DAN SIKAP ILMIAH SISWA DI SMA NEGERI 1 PANAIHULU

Sirait, Irmawanti (2016) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN INQUIRY DAN DISCOVERY PADA TOPIK BIOTEKNOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR, KETERAMPILAN PROSES SAINS, DAN SIKAP ILMIAH SISWA DI SMA NEGERI 1 PANAIHULU. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8146174020 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8146174020 COVER.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8146174020 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8146174020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8146174020 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8146174020 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8146174020 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8146174020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8146174020 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8146174020 TABLES.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8146174020 ILLUSTRASION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8146174020 ILLUSTRASION.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8146174020 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8146174020 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8146174020 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8146174020 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8146174020 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8146174020 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8146174020 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8146174020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran terhadap: (1) hasil belajar; (2) keterampilan proses sains; dan (3) sikap ilmiah siswa di kelas XII SMA Negeri 1 Panaihulu. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan sampel penelitian sebanyak 3 kelas dengan teknik random sampling. Kelas XII IPA1 dibelajarkan dengan dengan metode inquiry, kelas XII IPA2 dibelajarkan dengan metode discovery, dan kelas XII IPA3 (kontrol) dibelajarkan dengan metode konvensional. Instrumen penelitian menggunakan instrumen tes hasil belajar berupa tes pilihan ganda dan uraian, instrumen keterampilan proses sains dengan menggunakan tes uraian, dan instrumen sikap ilmiah siswa dengan menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan Analisis Kovariat (ANAKOVA) pada taraf signifikan α=0,05 dengan bantuan SPSS 21.0. Hasil penelitian menunjukkan: (1) ada pengaruh yang signifikan metode pembelajaran terhadap kemampuan hasil belajar siswa (F=78,595;P= 0,000). Kemampuan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan metode inquiry (77,50±5,22) signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan discovery (73,32±6,15), maupun metode konvensional (60,07±7,39); (2) ada pengaruh yang signifikan metode pembelajaran inquiry terhadap keterampilan proses sains siswa (F=82.853;P= 0,000). Keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan dengan inquiry (76,92±4,20) signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan metode discovery (73,21±5,73), maupun metode konvensional (61,57±6,18); (3) ada pengaruh yang signifikan metode pembelajaran terhadap sikap ilmiah siswa (F=20,794; P= 0,000). Sikap ilmiah siswa yang dibelajarkan dengan metode inquiry (84,2±6,8) signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan metode discovery (80,5±5,1); dan metode konvensional (75,53±4,7). Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru untuk dapat menerapkan metode pembelajaran inquiry pada topik bioteknologi dalam upaya meningkatkan hasil belajar, keterampilan proses sains, dan sikap ilmiah siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 570.071 2 Sir p
Keywords: Hasil belajar; Keterampilan proses sains; Sikap ilmiah; Inquiry; Discovery; Konvensional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 10 Nov 2016 02:37
Last Modified: 10 Nov 2016 02:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21362

Actions (login required)

View Item
View Item