EFEK MODEL SCIENTIFIC INQUIRY BERORIENTASI KOLABORATIF MENGGUNAKANMACROMEDIA FLASHDAN MOTIVASI TERHADAP PENGETAHUAN ILMIAH FISIKA SMA

Siahaan, Fine Eirene (2016) EFEK MODEL SCIENTIFIC INQUIRY BERORIENTASI KOLABORATIF MENGGUNAKANMACROMEDIA FLASHDAN MOTIVASI TERHADAP PENGETAHUAN ILMIAH FISIKA SMA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8146175010 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8146175010 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8146175010 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8146175010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (368kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8146175010 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8146175010 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8146175010 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8146175010 PREFACE.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8146175010 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8146175010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8146175010 TABELS.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8146175010 TABELS.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8146175010 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8146175010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8146175010 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8146175010 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8146175010 CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8146175010 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8146175010 CHAPTER 5.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8146175010 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8146175010 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8146175010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (340kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah sebuah studi tentang“efek model scientific inquiry berorientasi kolaboratif menggunakan macromedia flashdan motivasi terhadap pengetahuan ilmiah fisika SMA”. Penelitian bertujuan untuk mengetahui interaksi antara model scientific inquiry berorientasi kolaboratif menggunakan macromedia flash dan motivasi terhadap pengetahuan ilmiah fisika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain two group pretest posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 4 Pematangsiantar. Sampel untuk penelitian ini dilakukan secara Cluster Random Sampling yang dikategorikan menjadi dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen pengetahuan ilmiah fisika dalam bentuk essai sebanyak 5 soal dan instrumen motivasi bentuk angket sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pengetahuan ilmiah fisika siswa yang menerapkan model scientific inquiry berorientasi kolaboratif menggunakan macromedia flash lebih baik dari pada pengetahuan ilmiah fisika dengan model pembelajaran direct instruction. Pengetahuan ilmiah fisika siswa yang memiliki motivasi tinggi lebih baik dari pada pengetahuan ilmiah fisika siswa yang memiliki motivasi rendah. Model scientific inquiry berorientasi kolaboratif menggunakan macromedia flash dan model pembelajaran Direct Instruction dengan motivasi berinteraksi dalam mempengaruhi pengetahuan ilmiah fisika siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.071 2 Sia e
Keywords: Model scientific inquiry; Kolaboratif; Motivasi; Pengetahuan ilmiah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 07 Nov 2016 04:48
Last Modified: 07 Nov 2016 04:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21238

Actions (login required)

View Item
View Item