PENGARUH PEMAHAMAN ISI, STRUKTUR, DAN CIRI KEBAHASAAN DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS ULASAN NOVEL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Wahyuni, Sri (2016) PENGARUH PEMAHAMAN ISI, STRUKTUR, DAN CIRI KEBAHASAAN DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS ULASAN NOVEL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 2123111079 COVER.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 2123111079 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 2123111079 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 2123111079 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 2123111079 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 2123111079 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 2123111079 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 2123111079 BAB I.pdf - Published Version

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 2123111079 BAB V.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 2123111079 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemahaman isi, struktur dan ciri kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks ulasan novel siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lubuk Pakam tahun pembelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 178 orang. Sampel yang diambil adalah 32 orang dari jumlah kelas yang telah ditentukan. Metode yang digunakan adalah metode Ex post facto. Data pemahaman isi, struktur, ciri kebahasaan, dan kemampuan menulis teks ulasan novel siswa dijaring dengan menggunakan objektif tes sebanyak 60 soal dan essay tes yang disusun berdasarkan tujuan yang ingin dicapai. Penguji hipotesis dilakukan dengan uji “t”. Dari perolehan data menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam pemahaman isi termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 83,59 dengan uji hipotesis thitung > ttabel (3,107 > 1,694), kemampuan siswa dalam pemahaman struktur termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 77,65 dengan uji hipotesis thitung > ttabel (4,019 > 1,694), kemampuan siswa dalam pemahaman ciri kebahasaan termasuk dalam kategori baik dengan nilai -rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 83,13 dengan uji hipotesis thitung > ttabel (3,281 > 1,694), kemampuan siswa dalam menulis teks ulasan novel termasuk dalam kategori baik dengan nilai -rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 77,97 dengan uji hipotesis rhitung > rtabel (0,435 > 0,349) pada taraf signifikan α = 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan ada pengaruh yang positif dan signifikan pemahaman isi, struktur, dan ciri kebahasaan dengan kemampuan menulis teks ulasan novel siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lubuk Pakam tahun pembelajaran 2015/2016

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorArif, Syamsul195911241986011002
Call Number: SK-2016 IND 167
Keywords: Teks Ulasan Novel; Pemahaman Isi; Struktur; Ciri Kebahasaan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PR English literature > PR750 Prose > PR821 Prose fiction. The novel
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Nov 2016 03:08
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21088

Actions (login required)

View Item View Item