ANALISIS SEMIOTIKA WACANA IKLAN SABUN MANDI DAN SAMPO PADA MAJALAH BOBO

Anggriawan, Ferry (2016) ANALISIS SEMIOTIKA WACANA IKLAN SABUN MANDI DAN SAMPO PADA MAJALAH BOBO. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 2103210009 COVER.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 2103210009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 2103210009 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 2103210009 PREFACE.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 2103210009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 2103210009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 2103210009 TABLES.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 2103210009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 2103210009 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 2103210009 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (637kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 2103210009 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 2103210009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna dalam iklan sabun mandi dan sampo pada Majalah Bobo menggunakan peta tanda semiotik Barthes, serta mendeskripsikan jenis wacana ditinjau dari tujuan komunikasi yang terdapat dalam iklan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah derngan menggunakan dokumentasi poto iklan-iklan sabun mandi dan sampo yang terdapat pada Majalah Bobo. Teknik analisis data adalah mengumpulkan dan mendokumentasikan objek kajian, mengidentifikasi data, menganalisis secara deskriptif dengan teori semiotik, dan kemudian melakukan kesimpulan. Hasil penelitian mendeskipsikan makna-makna yang terkandung di dalam iklan sabun mandi dan sampo Kodomo Kids Series, Cussons Kids versi Buat Cerita Seru Saat Mandi, dan Zwitsal Kids versi Hadiah Langsung, baik itu makna denotasi dan makna konotasi.Pada masing-masing iklan tersebut memiliki makna denotasi yang sama yakni memperkenalkan produk baru dari masing-masing iklan yang dipromosikan. Makna konotasi pada setiap iklan sangat beragam, penentuan makna atau interpretasi sangat tergantung dari pengetahuan, pengalaman, latar belakang, dan bahkan emosi dari pembaca. Serta mendeskripsikan jenis wacana ditinjau dari tujuan komunikasi yang terdapat dalam iklan tersebut, yakni wacana deskripsi dan persuasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSurif, Muhammad198008102008011010
Call Number: SK-2016 IND 174
Keywords: Analisis semiotika; Wacana; Iklan
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5801 Advertising
P Language and Literature > PJ Semitic
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Nov 2016 01:35
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21076

Actions (login required)

View Item View Item