PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VII SMP YASPENHAN-2 MEDAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Ningsih, Sri (2016) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VII SMP YASPENHAN-2 MEDAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8146182039 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8146182039 COVER.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8146182039 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8146182039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8146182039 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8146182039 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8146182039 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8146182039 PREFACE.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8146182039 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8146182039 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8146182039 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8146182039 TABLES.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8146182039 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8146182039 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8146182039 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8146182039 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8146182039 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8146182039 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8146182039 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8146182039 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8146182039 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8146182039 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) perbedaan kemampuan berpikir kritis antara kelompok peserta didik yang dibelajarkan dengan model problem based learning (PBL) dan kelompok peserta didik yang dibelajarkan dengan menggunakan model konvensional; (2) perbedaan kemampuan berpikir kritis antara kelompok peserta didik yang memiliki minat belajar tinggi yang dibelajarkan dengan model problem based learning (PBL) dan kelompok peserta didik yang memiliki minat belajar tinggi yang diajarkan dengan menggunakan model konvensional; (3) perbedaan kemampuan berpikir kritis antara kelompok peserta didik yang memiliki minat belajar rendah yang diajarkan dengan model problem based learning (PBL) dan kelompok peserta didik yang memiliki minat belajar rendah yang diajarkan dengan menggunakan model konvensional; serta (4) interaksi antara model problem based learning dengan minat belajar terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII SMP Yaspenhan-2 Medan Kecamatan Medan Labuhan Tahun Ajaran 2015/2016 dengan populasi sekaligus menjadi sampel penelitian yakni seluruh peserta didik kelas VII sebanyak 51 siswa. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain factorial 2x2. Adapun instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes kemampuan berpikir kritis, lembar observasi serta wawancara. teknik analisa yang digunakan adalah Anava dengan taraf signifikan 0,01. Hasil penelitian menunjukkan (1) Kemampuan belajar kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model problem based learning lebih tinggi dibandingkan pada kelompok peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan model konvensional pada mata pelajaran PKn di kelas VII SMP Yaspenhan-2 Medan. Rata-rata kemampuan berpikir kritis peserta didik yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran PBL sebesar 81,758. Sedangkan model pembelajaran konvensional adalah sebesar 77,666; (2) Kemampuan berpikir kritis kelompok peserta didik yang memiliki minat belajar tinggi yang diajarkan dengan model problem based learning (PBL) lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok peserta didik yang memiliki minat belajar tinggi yang diajarkan dengan menggunakan model konvensional dengan nilai t_hitung=3,212> dari nilai t_tabel = 1,711; (3) tidak terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara kelompok peserta didik yang memiliki minat belajar rendah yang diajarkan dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) dan kelompok peserta didik yang memiliki minat belajar rendah yang diajarkan dengan menggunakan model konvensional dengan nilai t_hitung=0,592< dari nilai t_tabel = 1,714; (4) terdapat interaksi antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan minat belajar terhadap kemampuan berpikir kritis di kelas VII SMP Yaspenhan-2 Medan. Dimana Nilai F_hitung = 2.909 >F_tabel = 2,82

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.832 Nin p
Keywords: Problem based learning (PBL); Minat belajar; Berpikir kritis
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 01 Nov 2016 03:33
Last Modified: 01 Nov 2016 03:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21016

Actions (login required)

View Item
View Item