PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS EKSPOSISI SISWA SMA SWASTA ASSISI SIANTAR

Saragih, Vita Riahni (2016) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS EKSPOSISI SISWA SMA SWASTA ASSISI SIANTAR. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8136192035 COVER.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8136192035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8136192035 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8136192035 PREFACE.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8136192035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8136192035 TABLE.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8136192035 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8136192035 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 8136192035 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8136192035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh yang berbeda antara strategi pembelajaran terhadap kemampuan memahami teks eksposisi, (2) pengaruh yang berbeda antara motivasi belajar terhadap kemampuan memahami teks eksposisi, dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan memahami teks eksposisi pada siswa kelas kelas X SMA ASSISI Siantar Tahun Pembelajaran 2015/ 2016. Populasi dan penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Assisi Siantar yang terdiri dari empat kelas dengan jumlah siswa sebanyak 120 orang. Pemilihan SMA Swasta Assisi Siantar sebagai populasi penelitian berdasarkan asumsi bahwa siswa-siswi tersebut memiliki karakteristik yang relative sama. Sehingga teknik pengambilan sampel menggunakan kelompok secara acak (cluster random sampling). Sampel penelitian ini adalah 60 siswa yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas XIPA1 dan kelas XIPA2. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain penelitian faktorial 2 x 2. Untuk mengumpulkan data digunakan tes. Tes kemampuan memahami teks eksposisi digunakan tes pilihan berganda dan motivasi belajar siswa menggunakan angket. Teknik analisis data penelitian yang digunakan adalah teknik statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa dengan SPPKB skor rata-rata kemampuan memahami teks ekspositori sebesar 35,433, adapun untuk kelompok siswa dengan SPI skor rata-rata kemampuan memahami teks ekspositori sebesar 33,167. Hal ini berarti bahwa penerapan SPPKB memberikan pengaruh yang lebih baik daripada SPI. Sementara itu Hasil analisis menunjukkan bahwa kelompok siswa dengan motivasi belajar tinggi skor rata-rata kemampuan memahami teks ekspositori sebesar 36,8 adapun skor rata-rata kemampuan memahami teks ekspositori dengan motivasi belajar rendah sebesar 31,83. Hal ini berarti motivasi belajar terbukti mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pencapaian kemampuan memahami teks ekspositori. Temuan penelitian menunjukkan bahwa : (1) strategi pembelajaran memberi pengaruh yang berbeda terhadap kemampuan memahami teks eksposisi, (2) motivasi belajar memberi pengaruh yang berbeda terhadap kemampuan memahami teks eksposisi, dan (3) tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan memahami teks eksposisi pada siswa kelas kelas X SMA ASSISI Siantar Tahun Pembelajaran 2015/ 2016.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAmbarita, Biner195705151984031004
Thesis advisorSiburian, Tiur Asi194812291980032002
Call Number: 415.071 2 Sar p
Keywords: Strategi pembelajaran; Motivasi belajar; Memahami teks eksposisi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P118 Language acquisition
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P201 Comparative grammar
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 27 Oct 2016 02:40
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20916

Actions (login required)

View Item View Item