PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BAMBOO DANCING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA DIKELAS X TKJ SMK NEGERI 2 SEI RAMPAH TAHUN AJARAN 2015/2016

Ayu, Riski Setia (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BAMBOO DANCING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA DIKELAS X TKJ SMK NEGERI 2 SEI RAMPAH TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 412111023 Cover.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 4121111023 lembar pengesahan.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 4121111023 kata pengantar.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 4121111023 daftar isi.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 4121111023 daftar gamabar.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 4121111023 daftar tabel.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 4121111023 daftar lampiran.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 4121111023 BAB I.pdf - Published Version

Download (801kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. 4121111023 BAB V.pdf - Published Version

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. 4121111023 daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah:(1) untuk mengetahui strategi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa pada pokok bahasan program linier di kelas X TKJ SMK Negeri 2 Sei Rampah, (2) Untuk mengetahui aktifitas belajar siswa ketika diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing pada pokok bahasan program linier di kelas X TKJ SMK Negeri 2 Sei Rampah, (3) untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing pada pokok bahasan Program Linier di kelas X TKJ SMK Negeri 2 Sei Rampah. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ SMK N 2 Sei Rampah yang berjumlah 46 orang dan objek penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing pada materi Program Linier. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan : (1)strategi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing adalah : (a) mengelompokkan siswa berdasarkan hasil tes kemampuan komunikasi matematika I, (b) memberikan LAS kepada siswa yang dikerjakan secara berpasangan dengan pasangan awalnya, (c) memberi nilai tambah dan hadiah bagi siswa yang aktif ; (2)Aktivitas siswa ketika diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing adalah :keaktifan siswa dalam bertanya, mengerjakan LAS, diskusi, dan presentasi mengalami perubahan kearah yang lebih baik; (3) pembelajaran dengan model kooperatif tipe Bamboo Dancing dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa. Dari tes awal yang diberikan diperoleh 10,87% yang telah mampu berkomunikasi secara matematika dengan rata – rata 48,91. Pada tes kemampuan komunikasi matematika I diperoleh bahwa kemampuan komunikasi matematika siswa mengalami peningkatan yaitu dari 10,87% menjadi 63,04% dengan nilai rata-rata kelas 64,95. Dari tes kemampuan komunikasi matematika II diperoleh bahwa kemampuan komunikasi matematika siswa mengalami peningkatan yaitu 63,04% menjadi 86,96% dengan rata-rata nilai tes kemampuan komunikasi matematika II siswa adalah 81,16.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLubis, Asrin196010021987031004
Call Number: SK-2016 MAT 109
Keywords: Kounikasi MAtematika; Program Leniar; Model Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 26 Oct 2016 07:31
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20911

Actions (login required)

View Item View Item