PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA KELAS X SMK YAYASAN PERGURUAN BANDUNG T.A 2015/2016

Damayanti, Hany Fitri (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA KELAS X SMK YAYASAN PERGURUAN BANDUNG T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4111111009 COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4111111009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4111111009 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4111111009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4111111009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4111111009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4111111009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4111111009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4111111009 BAB I.pdf - Published Version

Download (563kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4111111009 BAB V.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4111111009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional di kelas X SMK Yayasan Perguruan Bandung T.A 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AP-1 dan kelas X AP-2 sebanyak 79 orang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Data yang digunakan adalah tes PAM dan tes kemampuan pemecahan masalah berbentuk uraian. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas tes dengan menggunakan Uji Shapiro-Wilk dan homogenitas tes menggunakan Uji Levene. Diperoleh nilai rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematik yang diberi pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share adalah dengan simpangan baku dan rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematik yang diberi pembelajaran konvensional adalah simpangan baku . Uji hipotesis menggunakan uji ANAVA dua arah, seluruh data dalam eksperimen ini diuji dengan SPSS 22. Dari hasil perhitungan nilai signifikansi pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis sebesar 0,022 < 0,05. Sehingga ditolak dan diterima, diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSurya, Edy196710191992031003
Call Number: SK-2016 MAT 107
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif; Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 26 Oct 2016 04:51
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20892

Actions (login required)

View Item View Item