PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA KELAS X SMK YAYASAN PERGURUAN BANDUNG T.A 2015/2016

Damayanti, Hany Fitri (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA KELAS X SMK YAYASAN PERGURUAN BANDUNG T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4111111009 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4111111009 COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4111111009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4111111009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4111111009 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4111111009 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4111111009 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4111111009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4111111009 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4111111009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4111111009 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4111111009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4111111009 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4111111009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4111111009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4111111009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4111111009 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4111111009 BAB I.pdf - Published Version

Download (563kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4111111009 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4111111009 BAB V.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4111111009 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4111111009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan
masalah matematik siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe
Think-Pair-Share lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan
model pembelajaran konvensional di kelas X SMK Yayasan Perguruan Bandung
T.A 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AP-1 dan kelas
X AP-2 sebanyak 79 orang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Data
yang digunakan adalah tes PAM dan tes kemampuan pemecahan masalah
berbentuk uraian. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas tes
dengan menggunakan Uji Shapiro-Wilk dan homogenitas tes menggunakan Uji
Levene. Diperoleh nilai rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah
matematik yang diberi pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share adalah
dengan simpangan baku dan rata-rata hasil tes kemampuan
pemecahan masalah matematik yang diberi pembelajaran konvensional adalah
simpangan baku . Uji hipotesis menggunakan uji ANAVA dua arah,
seluruh data dalam eksperimen ini diuji dengan SPSS 22. Dari hasil perhitungan
nilai signifikansi pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan
masalah matematis sebesar 0,022 < 0,05. Sehingga ditolak dan diterima,
diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematik siswa
yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share lebih baik
dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran
konvensional

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 MAT 107
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif; Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 26 Oct 2016 04:51
Last Modified: 26 Oct 2016 04:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20892

Actions (login required)

View Item
View Item