UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATERI STATISTIKA DI KELAS XI SMA NEGERI 2 SIDIKALANG T.A 2016/2017

Setrya, Margaret (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATERI STATISTIKA DI KELAS XI SMA NEGERI 2 SIDIKALANG T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. (4123111045) Cover Skripsi.pdf]
Preview
Text
1. (4123111045) Cover Skripsi.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 2. (4123111045) Lembar Persembahan.pdf]
Preview
Text
2. (4123111045) Lembar Persembahan.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 4. (4123111045) Abstrak.pdf]
Preview
Text
4. (4123111045) Abstrak.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[thumbnail of 5. (4123111045) Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
5. (4123111045) Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 6. (4123111045) Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
6. (4123111045) Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 7. (4123111045) Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. (4123111045) Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 8. (4123111045) Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
8. (4123111045) Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 9. (4123111045) Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
9. (4123111045) Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 10. (4123111045) BAB I.pdf]
Preview
Text
10. (4123111045) BAB I.pdf - Published Version

Download (516kB) | Preview
[thumbnail of 14. (4123111045) BAB V.pdf]
Preview
Text
14. (4123111045) BAB V.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 15. (4123111045) Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
15. (4123111045) Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran
matematis siswa dan melihat penerapan pembelajaran kontekstual pada materi
statistika di kelas XI-IPA 1 SMA Negeri 2 Sidikalang tahun ajaran 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini
adalah siswa kelas XI-IPA 1 SMA Negeri 2 Sidikalang tahun ajaran 2016/2017
yang berjumlah 35 orang sedangkan objek dalam penelitian ini adalah upaya
meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa pada materi statistika
melalui penerapan pembelajaran kontekstual. Instrumen penelitian yang
digunakan adalah tes kemampuan penalaran matematis dan lembar observasi. Tes
digunakan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa pada materi
statistika dilihat dari kemampuan penalaran sebelum dan setelah diterapkan
pembelajaran kontekstual sedangkan lembar observasi digunakan untuk melihat
proses pembelajaran kontekstual.
Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing terdiri dari
2 pertemuan. Dari tes kemampuan penalaran matematis pada siklus I diperoleh 23
siswa ( %) dari 35 siswa telah mencapai kriteria ketuntasan minimum
(nilainya  77) sedangkan 12 siswa lainnya ( %) belum tuntas dengan nilai
rata-rata siswa 78,93. Setelah pemberian tes kemampuan penalaran matematis II
diperoleh 31 siswa (88,57%) telah mencapai kriteria ketuntasan minimum
sedangkan 4 siswa (11,43%) belum tuntas dengan nilai rata-rata kelas 87,68. Ini
berarti terjadi peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa dari siklus I ke
siklus II dengan peningkatan persentase ketuntasan klasikal sebesar 22,86% dan
peningkatan nilai rata-rata siswa sebesar 8,75. Berdasarkan hasil observasi, proses
pembelajaran berlangsung dengan baik yaitu dari hasil observasi siklus I
memperoleh skor 2,75 dengan kategori baik dan mengalami peningkatan di siklus
II menjadi 3,25 dengan kategori baik.
Pada siklus I masih terdapat kendala, yaitu siswa masih kurang aktif
diskusi kelompok. Namun pada siklus II, peneliti memotivasi siswa dengan
memberikan nilai tambah (penghargaan) kepada siswa yang aktif dalam proses
pembelajaran di kelas sehingga siswa menjadi semakin antusias dan pembelajaran
menjadi lebih bermakna. Selain itu, peneliti juga merancang lembar aktifvitas
siswa yang berhubungan dengan permasalahan yang dekat dengan keseharian
siswa agar siswa merasa tertantang untuk menyelesaikan soal-soal tersebut.
Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan
pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis
siswa. Sehingga guru dapat menerapkan pembelajaran kontekstual sebagai
alternatif dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan penalaran
matematis siswa. Selain itu, memberi penghargaan kepada siswa juga penting
untuk memacu keaktifan siswa dalam proses pembelajaran di kelas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 MAT 179
Keywords: Kemampuan penalaran matematis;Pembelajaran kontekstual; Statistika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA273 Probabilities. Mathematical statistics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Oct 2016 04:09
Last Modified: 25 Oct 2016 04:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20853

Actions (login required)

View Item
View Item