MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA PADA MATERI BILANGAN BULAT DENGAN MODEL KOOPERATIF THINK-PAIR-SHARE PADA SISWA KELAS VII DI MTs. AL-ISHLAHIYAH BINJAI T.A 2016/2017

Hafni, Maulida (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA PADA MATERI BILANGAN BULAT DENGAN MODEL KOOPERATIF THINK-PAIR-SHARE PADA SISWA KELAS VII DI MTs. AL-ISHLAHIYAH BINJAI T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 4121111018 COVER.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 4121111018 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 4121111018 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 4121111018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 4121111018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 4121111018 DATRAR TABEL.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 4121111018 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 4121111018 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 4121111018 BAB I.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. 4121111018 BAB V.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. 4121111018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 4121111018 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share (TPS) pada materi bilangan bulat di kelas MTs Al-Ishlahiyah Binjai. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 MTs Al-Ishlahiyah Binjai T.A 2016/2017 yang berjumlah 45 orang. Objek penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran Think-Pair-Share pada materi bilangan bulat. Berdasarkan analisis data setelah pemberian tindakan pada siklus I melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematika I diperoleh 27 siswa (60%) dari 45 siswa telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya  65). Setelah tindakan II, melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematika II diperoleh 39 siswa (86,67%) dari 45 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya  65). Terjadi peningkatan persentase ketuntasan klasikal sebesar 26,67%. Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal maka persentase ketuntasan ini sudah memenuhi. Nilai rata-rata pada tes kemampuan komunikasi matematika pada siklus I yaitu 69,17 dan pada siklus II meningkat menjadi 80,97. Peningkatatan nilai ratarata yaitu sebesar 11,8 dengan Gain Skor sebesar 0,38 yang berada pada kategori sedang. Berdasarkan uraian-uraian di atas disimpulkan komunikasi matematika siswa meningkat dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think- Pair-Share (TPS) pada materi bilangan bulat di kelas VII MTs Al-Ishlahiyah Binjai T.A. 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSurya, Edy196710191992031003
Call Number: SK-2016 MAT 119
Keywords: Komunikasi Matematika; Bilangan Bulat; Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Oct 2016 03:33
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20848

Actions (login required)

View Item View Item