PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DAN TIPE THINK-PAIR-SHARE PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN DI KELAS XI IPA SMA SWASTA YP MARISI MEDA

Tampubolon, Lisnawati (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DAN TIPE THINK-PAIR-SHARE PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN DI KELAS XI IPA SMA SWASTA YP MARISI MEDA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 4122111010 Cover Skripsi.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 4122111010 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 4122111010 Abstrak.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 4122111010 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 4122111010 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 4122111010 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 4122111010 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 4122111010 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. 4122111010 BAB V.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 4122111010 BAB I.pdf - Published Version

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. 4122111010 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe Team Assisted Individualization dan tipe Think-Pair-Share Pada Pokok Bahasan Lingkaran di Kelas XI IPA SMA Swasta YP Marisi Medan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Swasta YP Marisi Medan yang terdiri dari 2 kelas, sedangkan yang dijadikan sampel terdiri dari dua kelas yang diambil dengan melakukan tes terhadap kelas semua kelas XI IPA yaitu XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen A dengan pembelajaran kooperatif tipe TAI den XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen B dengan pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan masing-masing jumlah sampel 27 siswa dalam setiap kelas. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes essay yang telah valid dengan jumlah soal sebanyak 5 soal. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa di kelas eksperimen I sebesar 66,481 dan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen II sebesar 74,259. Hasil perhitungan uji normalitas nilai postest siswa di kelas eksperimen I diperoleh hitung L = 0,1297 dan tabel L = 0,1778, karena hitung L < tabel L yaitu 0,1297 < 0,1778 maka sebaran data di kelas eksperimen I berdistribusi normal. Sedangkan di kelas eksperimen II diperoleh hitung L = 0,1635 dan tabel L = 0,1778, karena hitung L < tabel L yaitu 0,1635 < 0,1778 maka sebaran data di kelas eksperimen II berdistribusi normal. Dari hasil perhitungan uji homogenitas diperoleh hitung F = 1,26 dan tabel F = 1,925. Diperoleh bahwa hitung F < tabel F yakni 1,26 < 1,925 maka kedua kelas homogen. Selanjutnya berdasarkan perhiungan uji statistik-t diperoleh nilai hitung t = -2,4687 dan tabel t = 2,008, hitung t tidak berada dalam interval -2,008 < hitung t < 2,008 yang berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) pada pokok bahasan Lingkaran di Kelas XI-IPA SMA Swasta YP Marisi Medan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorManurung, Nurliani196203051987032003
Call Number: SK-2016 MAT 130
Keywords: Hasil Belajar; Model Pembelajaran Kooperatif; Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Oct 2016 03:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20845

Actions (login required)

View Item View Item