PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN INKUIRI DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DI KELAS X MAN 1 STABAT T.A 2016/2017

Oktapiani, Sri (2016) PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN INKUIRI DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DI KELAS X MAN 1 STABAT T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4122111017 COVER.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4122111017 LEMBAR PENGESAHAN dan RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4122111017 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4122111017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4122111017 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4122111017 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4122111017 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4122111017 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4122111017 BAB I.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4122111017 BAB V.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4122111017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir logis siswa menggunakan pendekatan inkuiri lebih baik daripada pendekatan konstruktivisme. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu. Populasi yang digunakan yaitu semua siswa kelas X Semester I MAN 1 Stabat yang terdiri dari 7 kelas dengan jumlah siswa 252 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara stratified random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir logis siswa adalah tes kemampuan berpikir logis berjumlah 5 butir soal yang telah divalidasi dalam bentuk uraian. Hasil penelitian dioeroleh kelas eksperimen A dengan pendekatan inkuiri dengan nilai rata-rata sebesar 23,75 dan kelas eksperimen B dengan pendekatan konstruktivisme dengan nilai rata-rata kelas eksperimen B sebesar 18,89. Hasil uji t pihak kanan dengan dk = 70 dan α = 0,05, diperoleh thitung = 1,719 dan ttabel = 1,668 sehingga thitung > ttabel yaitu 1,719 > 1,668 maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan berpikir logis siswa menggunakan pendekatan inkuiri lebih baik daripada pendekatan konstruktivisme di kelas X MAN 1 Stabat T.A 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSamosir, Katrina196308281989032003
Call Number: SK-2016 MAT 174
Keywords: Berpikir Logis; Konstruktivisme; Pendekatan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Oct 2016 03:11
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20842

Actions (login required)

View Item View Item