PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI INKUIRI TERBIMBING BERMEDIAKAN PETA KONSEP TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI REDOKS

Wahida, Dina (2016) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI INKUIRI TERBIMBING BERMEDIAKAN PETA KONSEP TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI REDOKS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4123331007 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4123331007 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4123331007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4123331007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4123331007 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4123331007 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4123331007 KATA PENGANTAR1111.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4123331007 KATA PENGANTAR1111.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4123331007 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4123331007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4123331007 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4123331007 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4123331007 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4123331007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4123331007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4123331007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 4123331007 BAB I.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 4123331007 BAB I.pdf - Published Version

Download (483kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4123331007 BAB V.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4123331007 BAB V.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 4123331007 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 4123331007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4123331007 RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4123331007 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan model problem based learning terintegrasi inkuiri terbimbing menggunakan media peta konsep lebih tinggi daripada hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan model inkuiri terbimbing menggunakan media peta konsep, apakah ada korelasi antara aktivitas belajar siswa dengan hasil belajar siswa di kelas eksperimen. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pretest-postest control group design. Pengambilan sampel digunakan dengan cara tekhnik random sampling cluster dengan mengambil 2 kelas. Sampel penelitian kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing berjumlah 36 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal. Penelitian ini menggunakan instrument test yang telah diujicobakan dan telah valid. Data hasil belajar siswa menunjukkan kedua kelompok sampel diuji homogen dan berdistribusi normal. Hasil pengolahan data menunjukkan siswa pada kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai pretest 47,50 postest 85,97 dan gain 0,73. Sedangkan siswa pada kelas kontrol memiliki rata-rata nilai pretest 44,31 postest 73,06 dan gain 0,49. Uji hipotesis pertama dilakukan dengan menggunakan uji t-test uji satu pihak (pihak kanan) dan diperoleh thitung = 5,11; ttabel = 1,6697 untuk α = 0,05. Dengan demikian thitung > ttabel, maka Ha diterima yakni peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan model problem based learning terintegrasi inkuiri terbimbing bermediakan peta konsep lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan model inkuiri terbimbing bermediakan peta konsep. Uji hipotesis kedua dengan menggunakan uji korelasi dan diperoleh koefisien korelasi = 0,49 yang berarti ada korelasi yang cukup tinggi antara aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar siswa yang diajar dengan model problem based learning terintegrasi inkuiri terbimbing bermediakan peta konsep pada pokok materi redoks

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 KIM 129
Keywords: Problem Based Learning; Inkuiri Terbimbing; Peta Konsep; Aktivitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 24 Oct 2016 02:30
Last Modified: 24 Oct 2016 02:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20803

Actions (login required)

View Item
View Item