PENGEMBANGANMODUL BERBASIS MASALAH PADA MATERI ALKENA ALKUNA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Astuti, Widya (2016) PENGEMBANGANMODUL BERBASIS MASALAH PADA MATERI ALKENA ALKUNA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM 4123331056 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM 4123331056 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM 4123331056 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM 4123331056 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM 4123331056 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM 4123331056 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM 4123331056 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM 4123331056 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM 4123331056 BAB I.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM 4123331056 BAB V.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM 4123331056 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 9 Medan, bertujuan untuk mengetahui : 1) bahan ajar materi alkena dan alkuna pada buku yang digunakan di SMA/MA memenuhi kriteria Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP); 2)modul yang dikembangkan memenuhi kriteria BSNP;3) implementasi model pembelajaran berbasis masalah yang didukung modul yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa;4)hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran berbasis masalah terintegrasi modul lebih besar dari harga KKM.Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas XI MIA-1 Medan. Populasi yaituseluruh siswa kelas XI IPA yang terdiri dari 4 (empat) kelas. Sampel ditetapkan dengan cluster random samplingdengan mengambil 1 kelas sebagai kelas eksperimen.Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Hasil penelitian menunjukkan :(1) bahan ajar pada materi alkena dan alkuna pada buku yang digunakan di SMA/MA sudah memenuhi kriteria BSNP dengan kriteria cukup valid dan tidak perlu direvisi; (2) modul yang dikembangkanmemenuhi kriteria BSNP, data yang diperoleh : Kelayakan Isi = 3,52; Kelayakan Bahasa = 3,40; Kelayakan Penyajian = 3,53; Kelayakan Kegrafikan = 3,59 dengan kriteria valid dan tidak perlu revisi; (3) implemetasi model pembelajaran berbasis masalahyang didukung modul yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 72%; (4) hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran berbasis masalah terintegrasi modul lebih besar dari hargaKKM

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorDibyantini, Ratu Evina196206221986032001
Call Number: SK-2016 KIM 121
Keywords: Research and Development;Pembelajaran berbasis masalah; Hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Oct 2016 03:48
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20751

Actions (login required)

View Item View Item