PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI CAHAYA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 PERBAUNGAN T.P 2015/2016

Sinaga, Taufik Mawardi (2016) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI CAHAYA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 PERBAUNGAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4123321052 COVER.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4123321052 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4123321052 ABSRACK.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4123321052 PREFACE.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4123321052 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4123321052 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM4123321052 TABLES.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4123321052 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM 4123321052 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4123321052 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4123321052 BIOGRPHY.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi cahaya di kelas VIII SMP Negeri 2 Perbaungan T.P. 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Perbaungan terdiri dari empat kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas VIII-4 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas VIII-1 (sebagai kelas kontrol) yang sama-sama berjumlah 32 siswa ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model problem based learning dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional, dengan jumlah soal 10 item berbentuk essay. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 23,83 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 24,22. Setelah pembelajaran selesai diberikan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 73,36 dan kelas kontrol 68,75. Dari hasil uji t diperoleh thitung =2,1146 sedangkan ttabel = 1,6697. Karena thitung> ttabel (2,1146>1,6697) maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga ada pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi cahaya di kelas VIII SMP Negeri 2 Perbaungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSiregar, Alkhafi Maas19690127199412001
Call Number: SK-2016 FIS 126
Keywords: Problem Based Learning; Hasil Belajar; Cahaya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC474 Radiation physics (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Oct 2016 04:20
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20580

Actions (login required)

View Item View Item