PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARCS (ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION) DAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA KATOLIK BUDI MURNI 2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Pardede, Ozi Feisal (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARCS (ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION) DAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA KATOLIK BUDI MURNI 2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 7123142039 COVER SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
1. NIM 7123142039 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 7123142039 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 7123142039 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 7123142039 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. NIM 7123142039 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 7123142039 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
3. NIM 7123142039 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 7123142039 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 7123142039 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 7123142039 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM 7123142039 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 7123142039 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM 7123142039 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 7123142039 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM 7123142039 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 7123142039 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 7123142039 BAB I.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 7123142039 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 7123142039 BAB V.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 7123142039 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM 7123142039 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi
siswa kelas XII IPS SMA Katolik Budi Murni 2 Medan Tahun Pembelajaran
2016/2017. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil
belajar akuntansi siswa yang diajar dengan model pembelajaran ARCS (Attention,
Relevance, Confidence, Satisfaction) lebih tinggi dibanding hasil belajar yang
diajar dengan model pembelajaran Group Investigation siswa kelas XII IPS di
SMA Katolik Budi Murni 2 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Penelitian ini akan dilaksanakan di SMA Katolik Budi Murni 2 Medan
yang beralamat di Jl. Kapiten Purba I Medan tahun pembelajaran 2016/2017.
Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XII sejumlah 76 siswa yang terdiri
dari 2 kelas. Sampel penelitian yaitu kelas XII IPS 1 dan XII IPS 2 sejumlah 38
siswa untuk masing-masing kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan
untukmengukur hasil belajar adalah tes pilihan berganda berjumlah 20 soal.
Sebelum tes diberikan kepada sampel yang sebenarnya, maka dilakukan uji coba
instrumen untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal dan
daya pembeda soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas uji
homogenitas dan uji hipotesis.
hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang
menggunakan model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence,
Satisfaction)(rata-rata=86,05 S=7,36) lebih tinggi dari hasil belajar menggunakan
model pembelajaran Group Investigation (rata-rata=74,87 S=7,02). Dari
pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji-t pada tingkat kepercayaan 95%
pada α = 0,05 diperoleh thitung > ttabel atau 6,62 >1,675.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan
signifikan antar penggunaan model pembelajaran ARCS dan Group Investigation
terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Katolik Budi Murni 2
Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 AKT 155
Keywords: Model Pembelajaran Attention; Relevance Akuntansi.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Oct 2016 08:00
Last Modified: 14 Oct 2016 08:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20539

Actions (login required)

View Item
View Item