PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMK N 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Siboro,, Ristama (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMK N 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM 7123342030 COVER.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 7123342030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 7123342030 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 7123342030 PREFACE.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 7123342030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 7123342030 TABLES.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 7123342030 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 7123342030 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 7123342030 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 7123342030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi kelas XI SMK Negeri 1 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajarkan menggunakan Model Pembelajaran Quantum Teaching dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri berpengaruh dan signifikan terhadap hasil belajar akuntansi yang diajarkan pada siswa kelas XI SMK N 1 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 1 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi SMK N 1 yang berjumlah 156 siswa yang terdiri dari 4 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas XI AK 3 yang berjumlah 30 siswa pada kelas eksperimen dan XI AK 4 yang berjumlah 30 siswa pada kelas kontrol. Dan teknik pengambilan sampel yang digunakan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar akuntansi dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Teknik analisis data yang diperoleh terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu dianalisa melalui uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis digunakan uji t. Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan Model Pembelajaran Quantum Teaching dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri adalah nilai rata-rata pretest 62,17 dengan simpangan baku 6,9 dan post test sebesar 81,5 dengan simpangan baku 8,21. Sedangkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional adalah nilai rata-rata pretest 75,16 dengan simpangan baku 6,62 dan post test sebesar 76,33 dengan simpangan baku 7,41. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh dan thitung > ttabel

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorYusuf, Muhammad196108151987031001
Call Number: SK-2016 AKT 137
Keywords: Model Pembelajaran Quantum Teaching; Model Pembelajaran Konvensional; Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Oct 2016 04:16
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20519

Actions (login required)

View Item View Item