PENGARUH PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING DENGAN STRATEGI CARD SORT TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 KABANJAHE T.P 2016/2017

Simanjuntak, Lolla (2016) PENGARUH PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING DENGAN STRATEGI CARD SORT TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 KABANJAHE T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM.7123142031 COVER.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 7123142031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 7123142031 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 7123142031 PREFACE.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 7123142031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 7123142031 TABLES.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 7123142031 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 7123142031 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (594kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 7123142031 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM.7123142031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (419kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntans siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan Pendekatan Reciprocal Teaching dengan Strtegi Card Sort lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model Pengajaran Langsung pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Kabanjahe Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kabanjahe yang beralamat di Jalan Jamin Ginting No 31 Kabanjahe. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Kabanjahe yang berjumlah 111 siswa. Teknik pengambilan sampel yang di gunakan adalah Cluster Random Sampling yaitu dengan menggunakan 2 kelas, yaitu XII IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan XII IPS 3 sebagai kelas kontrol,masing-masing berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda sebanyak 20 item tes. Teknik analisis data melalui uji normalitas,homogenitas dan uji hipotesis yang dijadikan acuan untuk membuat kesimpulan. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretest siswa kelas eksperimen = 45 dengan standar deviasi = 9,35 dan nilai rata-rata posttest siswa setelah menggunakan pendekatan Reciprocal Teching dengan strategi Card Sort = 82,6 dengan standar deviasi = 9,36. Sedangkan rata-rata pretest siswa kelas kontrol = 45 dengan standar deviasi = 9,24 dan nilai rata-rata posttest =62,4 dengan standar deviasi 9,25. Dari hasil analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar berdistribusi normal (Lhitung < Ltabe) dan homogen (Fhitung < Ftabel) untuk uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan diperoleh thitung = 7,760 dan ttabel = 2,063. Maka hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 7,760 > 2,063 yang berarti hipotesis dapat diterima pada taraf signifikan 95 % dengan dk = n1 + n2 – 2 =48. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi siswa yang diajarkan dengan pendekatan Reciprocal Teaching dengan strategi Card Sort lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pengajaran langsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorZainal, Andri197711172005011002
Call Number: SK-2016 AKT 132
Keywords: Pendekatan Reciprocal Teaching;Strategi Card Sort; Hasil belajar akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Oct 2016 03:46
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20514

Actions (login required)

View Item View Item