PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK NEGERI 1 PANTAI CERMIN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Panjaitan, Vivi Mayzurni (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK NEGERI 1 PANTAI CERMIN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7123342039 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7123342039 LEMBAR PERSETUJUAN, LEMBAR PENGESAHAN, SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (712kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7123342039 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7123342039 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7123342039 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7123342039 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7123342039 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7123342039 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 7123342039 BAB I.pdf - Published Version

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7123342039 BAB V.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 7123342039 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa dikelas XI SMK Negeri 1 Pantai Cermin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Posing lebih tinggi dibanding hasil belajar yang diajar dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching pada materi pokok jurnal umum kelas XI AK SMK Negeri 1 Pantai Cermin. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Pantai Cermin yang beralamat di Jl. Menang No.1 Pantai Cermin, Serdang Bedagai pada tahun pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI AK sejumlah 66 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian yaitu kelas XI AK 1 dan XI AK 2 sejumlah 20 siswa untuk masing-masing kelas, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar adalah tes pilihan berganda berjumlah 20 soal. Sebelum tes diberikan kepada sampel yang sebenarnya, maka dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal dan daya pembeda soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil analisis data yang diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 1 pretest X = 44,50; SD = 7,76 dan postes X = 80,00; SD = 8,27. Sedangkan kelas eksperimen 2 pretes X = 38,50; SD = 8,29 dan postest adalah X = 70,00 ; SD = 7,43. Dengan demikian hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing lebih tinggi dibanding hasil belajar yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal teaching. Kemudian ditemukan bahwa data berdistribusi normal dan juga homogen, sehingga dapat dilakukan pengujian hipotesis penelitian. Dari pengujian hipotesis diperoleh thitung = 3,65 dan ttabel = 1,707,sehingga thitung > ttabel (3,65 > 1,707) pada taraf signifikan pada α= 0,05, yang berarti hipotesis penelitian diterima. Jadi berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing pada mata pelajaran jurnal umum lebih tinggi dibanding hasil belajar yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal teaching.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSilalahi, Sondang Aida197901142008012005
Call Number: SK-2016 AKT 115
Keywords: Hasil Belajar Akuntansi; Jurnal Umum; Problem Posing, Reciprocal Teaching iv
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Oct 2016 03:38
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20512

Actions (login required)

View Item View Item