PENGARUHMODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWAKELAS XII SMKNEGERI 6 TAHUN PELAJARAN 2016/2017MEDAN

Simpati, Putri Wira (2016) PENGARUHMODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWAKELAS XII SMKNEGERI 6 TAHUN PELAJARAN 2016/2017MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 7123342029 COVER.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 7123342029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 7123342029 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 7123342029 PREFACE.pdf - Published Version

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 7123342029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 7123342029 TABLES.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 7123342029 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 7123342029 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 7123342029 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 7123342029 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 7123342029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XII AK di SMK Negeri 6 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning lebih tinggi disbanding hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning siswa kelas XII AK SMK Negeri 6 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan si SMK Negeri 6 Medan yang beralamat di JL. Jambi No.23 Medan. Populasi dalam penelitian ini adaah siswa kelas XII AK1, XII AK2, XII AK3, dan XII AK4 SMK Negeri 6 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 yang berjumlah 136 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yang terdiri dari kelas eksperimen 1(XII AK1) dan eksperimen 2XII AK4) yang masing-masing populasinya terdiri dari 35 siswa dan di ambil penarikan sampel masing-masing sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Tes tersebut berupa pilihan ganda sebanyak 20 soal. Dimana tes ini diambil dari buku karangan Dwi Harti yang diterbitkan oleh Erlangga yang sudah teruji. Teknik analisa data yang digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, uji normalitas dan uji homogenitas dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t pada taraf α= 0,05. Dari hasil analisis data kelas eksperimen1 nilai rata-rata pre-test dan posttest yaitu 33,67 dan 77,83 dengan standar deviasi 13,38 dan 12,01. Sedangkan pada kelas eksperimen2 nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu 32,5 dan 70,17 dengan standar deviasi 11,72 dan 13,42. Pengujian hipotesis dari hasil post-test yang dilakukan diperoleh =2,332 dan =1,671. Dengan membandingkan kedua nilai tersebut maka dapat disimpulkan > yaitu 2,332 > 1,671. Melalui kriteria pengujian hipotesis dapat ditentukan bahwa jika > maka hipotesis diterima. Dapat disimpulkan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning lebih tinggi secara signifikan disbanding hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas XII AK SMK Negeri 6 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNugrahadi, Eko Wahyu196407031991031005
Call Number: SK-2016 AKT 171
Keywords: Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning; Problem Based Learning; Hasil Belajar Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Oct 2016 03:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20510

Actions (login required)

View Item View Item