PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTASI SISWA KELAS XI AK DI SMK NEGERI I PEMATANGSIANTAR TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Siahaan, Debora Vriska (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTASI SISWA KELAS XI AK DI SMK NEGERI I PEMATANGSIANTAR TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM.7123142008 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM.7123142008 COVER.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7123142008 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7123142008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (563kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM.7123142008 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM.7123142008 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7123142008 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7123142008 PREFACE.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM.7123142008 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM.7123142008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM.7123142008 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM.7123142008 TABLES.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7123142008 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7123142008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM.7123142008 APPENDINCE.pdf]
Preview
Text
8. NIM.7123142008 APPENDINCE.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM.7123142008 APPENDINCE.pdf]
Preview
Text
8. NIM.7123142008 APPENDINCE.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM.7123142008 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM.7123142008 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (640kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7123142008 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7123142008 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM.7123142008 BIBLIOGRHAPY.pdf]
Preview
Text
14. NIM.7123142008 BIBLIOGRHAPY.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar akuntansi yang
diajarkan dengan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving
(TAPPS) lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan
model pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI AK di SMK Negeri I
Pematang Siantar Tahun Pembelajaran 2016/2017 dan tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model
pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving lebih tinggi dibandingkan
hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Konvesional
pada siswa kelas XI AK di SMK Negeri I Pematangsiantar Tahun Pembelajaran
2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Pematangsiantar pada tahun
pembelajaran 2016/2017, dengan jumlah populasi terdiri dari 3 kelas berjumlah
112 orang yang diambil secara acak menjadi 2 kelas dan sampel 60 orang yang
terdiri dari 30 orang di kelas eksperimen dan 30 orang di kelas kontrol yang
diambil secara acak sederhana. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk
mengukur hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda sebanyak 20 item tes
dengan 5 pilihan (options). Dimana sebelumnya telah diuji cobakan untuk
mengetahui tingkat validitas tes, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran.
Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji
hipotesis.
Hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan hasil akuntansi siswa
yang diajar dengan Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving
( = 86,50 dan SD = 7,56) lebih tinggi dari pada yang diajarkan dengan metode
konvensional ( = 82,17 dan SD = 5,82). Pengujian hipotesis dilakukan dengan
menggunakan uji stastistic atau uji t. Hasil perhitungan didapat menujukkan
bahwa thitung = 2,646 dan setelah dibandingkan degan harga ttabel = 1,672 ternyata
thitung>ttabel (2,646 > 1,672).
Dapat disimpulan bahwa hasil belajar hasil belajar akuntansi yang diajar
dengan model pembelajaran TAPPS lebih tinggi secara signifikan dibandingkan
hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan metode konvensional
pada siswa kelas XI AK di SMK Negeri 1 Pematang Siantar Tahun Pembelajaran
2016/2017

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 AKT 180
Keywords: Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving; Hasil Belajar;Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Oct 2016 03:09
Last Modified: 14 Oct 2016 03:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20502

Actions (login required)

View Item
View Item